... tiket penerbangan yang dibatalkan itu tidak hangus... "
Surabaya (ANTARA News) - Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia menawarkan dua opsi untuk mengganti penerbangan yang dibatalkan akibat letusan Gunung Kelud (1.730 mdpl) di Kediri, Jawa Timur.

"Penumpang dari dan ke Surabaya serta Yogyakarta bisa memilih salah satu dari dua opsi untuk mengganti penerbangan mereka," kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Dharmadi, dihubungi dari Surabaya, Jumat.

Menurut dia, opsi yang dapat dipilih oleh penumpang adalah pemindahan jadwal penerbangan (reschedule) di rute yang sama maksimal tujuh hari setelah pembatalan penerbangan, tanpa dikenakan biaya.

"Opsi selanjutnya, Credit Shell yaitu deposit di AirAsia senilai harga tiket yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya dengan masa berlaku tiga bulan," ujarnya.

Tiga opsi itu ditempuh setelah AirAsia membatalkan seluruh penerbangan dari dan menuju Surabaya serta Yogyakarta, demi alasan keamanan dan keselamatan penerbangan. 

"Sementara tiket penerbangan yang dibatalkan itu tidak hangus. Tapi, penumpang dapat memilih salah satu dari dua opsi yang kami sediakan," tuturnya.

Mengenai penerbangan yang dibatalkan, tambah dia, antara lain Surabaya-Jakarta, Surabaya-Denpasar, Surabaya-Medan, Surabaya-Semarang, Surabaya-Makassar, Surabaya-Bangkok, Surabaya-Johor Bahru, Surabaya-Kuala Lumpur, Surabaya-Penang, dan Surabaya-Singapura.

"Selain itu, penerbangan Semarang-Singapura, Yogyakarta-Jakarta, Yogyakarta-Bali, Yogyakarta-Kuala Lumpur, dan Solo-Kuala Lumpur," paparnya.

Bagi penumpang yang membutuhkan informasi dan bantuan, lanjut dia, mereka bisa menghubungi pusat layanan di nomor 021-2927 0999 atau Ask AirAsia melalui www.airasia.com.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014