Menurut laporan, seorang penyerang bunuh diri meledakkan jaket yang berisi peledak di dalam satu hotel satu-lantai di kota tersebut...
Tirinkot, Afghanistan (ANTARA News) - Sedikitnya sembilan orang tewas sementara hampir 40 orang lagi cedera, Selasa malam (25/2), ketika pemboman bunuh diri mengguncang satu hotel di Tirinkot, Ibu Kota Provinsi Uruzgan di Afghanistan Selatan, kata polisi.

"Menurut laporan, seorang penyerang bunuh diri meledakkan jaket yang berisi peledak di dalam satu hotel satu-lantai di kota tersebut, sehingga menewaskan sembilan orang dan melukai 37 orang lagi," kata Kepala Polisi Provinsi itu Jenderal Matiullah Khan kepada Xinhua.

Ledakan tersebut merusak bangunan itu, kata Khan --yang menambahkan jumlah korban jiwa mungkin bertambah sebab beberapa orang yang cedera berada dalam kondisi kritis.

Semua korban adalah warga sipil, katanya. Beberapa pejabat menyatakan pelaku pemboman tersebut menyewa satu kamar di hotel itu ketika ia berencana melancarkan serangan pada hari berikutnya, tapi sasaran serangan masih belum diketahui.

Pasukan keamanan Afghanistan menutup lokasi tersebut, sementara beberapa ambulans dan mobil warga sipil mengungsikan korban ke beberapa rumah sakit di kota itu, demikian laporan Xinhua, Rabu pagi.

Beberapa toko dan mobil juga rusak dalam serangan tersebut.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung-jawab atas peristiwa itu, tapi kelompok Taliban diduga berada di belakang serangan tersebut.

Sebanyak 2.900 warga sipil tewas dan hampir 5.700 orang cedera dalam konflik dan serangan yang dipelopori Taliban di negara yang dikoyak perang itu tahun lalu, kata beberapa pejabat PBB.

(C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014