Pontianak (ANTARA News) - Prajurit TNI di Kontingen Garuda XXIII-H/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) menggelar pengobatan gratis di Desa El Adeisse, Lebanon Selatan, Kamis (27/2).
 
Pengobatan gratis ini satu program CIMIC (Civil Military Coordination) Kontingen Garuda XXIII-H/UNIFIL yang dilaksanakan di desa-desa binaannya, termasuk Desa El Adeisse sebagai wilayah binaan Kompi Mekanis Alfa Satgas Indobatt, di bawah pimpinan Letnan Satu Infantri Ading.
 
Tim Kesehatan Kontingen Garuda XXIII-H/Unifil yang diterjunkan di Desa El Adeisse dipimpin dokter satuan tugas, Letnan Satu CKM dr Finot, Sersan Mayor Nyoman Kartini, Sersan Mayor Sugiono, dan Sersan Dua Rizca Arif.

Jumlah dokter sipil dan militer di wilayah tanggung jawab mereka sangat terbatas dan itu juga yang mendorong pengobatan gratis kontingen TNI digelar di sana.

Informasi Pusat Penerangan TNI, di Pontianak, Jumat, menyatakan, Kepala Desa El Adeisse, Ali Rammal, juga termasuk yang menyaksikan sumbangsih duta militer Indonesia itu. Warganya berbondong-bondong datang berobat ke klinik satuan tugas TNI itu.

"Saya selaku otoritas setempat mengucapkan rasa terima kasih kepada Letnan Kolonel Infantri Asmi, selaku komandan Indobatt, Mayor Khusus M Toriq, ketua Tim CIMIC serta tim kesehatan yang telah bersedia menggelar kegiatan ini di desa kami," kata dia.

Sementara itu, Asmi senantisa menekankan, kegiatan CIMIC memiliki arti sangat penting dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pasien yang paling banyak datang adalah para lanjut usia di atas 50 tahun yang mengidap peradangan sendi (osteoartritis).

Pada masa mendatang, program pengobatan massal bagi masyarakat Lebanon itu akan dilakukan di desa-desa lain di wilayah tanggung jawab Kontingen Garuda XXIII-H/Unifil.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014