Batam (ANTARA News) - Dua pesawat dari Jakarta tujuan Pekanbaru yang terpaksa mendarat di Batam karena kabut asap, Minggu malam sudah diizinkan terbang kembali menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

"Garuda Indonesia terbang sekitar pukul 20.20 WIB, sementara Lion Air terbang sekitar pukul 20.30 WIB," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Minggu.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan bandara yang dikelola oleh BP Batam dan Kementerian Perhubungan, bukan oleh PT Angkasa Pura layaknya bandara lain.

"Dua pesawat dari Jakarta tersebut sebelumnya mendarat di Batam pukul 18.08 WIB dan 18.20 WIB," kata Djoko.

Pesawat Garuda Indonesia yang mendarat di Batam bernomor penerbangan GA-178 sementara Lion Air dengan nomor penerbangan JT-294.

"Setelah sekitar dua jam berada di Hang Nadim, akhirnya mereka mendapat konfirmasi untuk terbang ke Pekanbaru," kata Djoko.

"Dalam beberapa hari terakhir sejumlah pesawat tujuan Pekanbaru, Riau banyak mendarat di Hang Nadim Batam jika bandara tujuan diselimuti asap tebal akibat kebakaran hutan," kata dia.

Selain itu, kata dia, sejumlah penerbangan dari Hang Nadim menuju Pekanbaru Riau pada beberapa hari terakhir juga ada yang dibatalkan.

"Lion Air sempat membatalkan beberapa penerbangannya karena jarak pandang bandara tujuan sangat terbatas dan membahayakan," kata Djoko.

Pewarta: Larno
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014