... kerja sama codeshare itu dapat berlaku pada 1 Mei 2014... "
Surabaya (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Singapore Airlines dan Turkish Airlines bekerja sama memperluas perjanjian codeshare meliputi destinasi penerbangan baik di luar Istanbul maupun Singapura.

"Untuk itu, kami juga akan meningkatkan frekuensi penerbangan secara musiman antara Singapura dan Istanbul sampai enam kali sepekan guna memenuhi pertumbuhan permintaan pada rute itu," kata Executive Vice President Commercial Singapore Airlines, Swee Wah, dalam siaran persnya di Surabaya, Rabu.

Saat ini, ungkap dia, Singapore Airlines mengoperasikan empat penerbangan dalam satu pekan di rute tersebut sedangkan Turkish Airlines mengoperasikan tujuh penerbangan dalam satu pekan.

"Melalui perluasan perjanjian ini, kami akan menambahkan kode SQ pada penerbangan yang dioperasikan oleh Turkish Airlines di rute di luar Istanbul. Khususnya di penerbangan domestik Turki dan destinasi lain di Afrika, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Utara," ujarnya.

Sebaliknya, jelas dia, Turkish Airlines akan menambah kode TK di penerbangan yang dioperasikan oleh Singapore Airlines di luar Singapura menuju berbagai destinasi di Asia Tenggara dan Pasifik Barat Daya.

"Kami harap, kerja sama codeshare itu dapat berlaku pada 1 Mei 2014. Namun, hal tersebut juga tergantung pada persetujuan dari pihak berwenang," katanya.

Ia menambahkan, peningkatan frekuensi penerbangan Singapore Airlines di rute Singapura-Istanbul menjadi enam penerbangan per pekan. Agenda penerbangan itu rencananya berlaku pada 26 Mei 2014.

"Ekspansi kerja sama yang signifikan dengan Turkish Airlines ini, bersamaan dengan peningkatan frekuensi kami ke Istanbul. Bahkan, beriringan dengan upaya kami untuk memperluas jangkauan jaringan serta menawarkan pilihan perjalanan tambahan bagi para pelanggan," katanya.

Pada kesempatan sama, Chief Investment and Technology Officer Turkish Airlines, Ahmet Bolat, menyatakan, perusahaannya sangat senang dapat memperluas perjanjian "codeshare" yang berlaku saat ini dengan Singapore Airlines. Apalagi, maskapai itu termasuk salah satu anggota yang sangat dihargai dalam Star Alliance.

"Kami optimistis perluasan kerja sama ini akan memaksimalkan kesempatan perjalanan yang ditawarkan kepada penumpang. Khususnya melalui jaringan yang sangat luas dari kedua maskapai penerbangan," katanya.

Ia melanjutkan, dengan adanya kerja sama tersebut maka maskapai penerbangan itu akan memiliki kesempatan untuk mentransfer penumpang ke destinasi-destinasi di Australia, Selandia Baru dan Asia Tenggara melalui Singapura.

"Sementara itu, Singapore Airlines akan memiliki tambahan kesempatan untuk mentransfer penumpangnya ke destinasi di Afrika, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Utara melalui hub kami di Istanbul," katanya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014