Ini adalah kemenangan untung-untungan"
Stuttgart, Jerman (ANTARA News) - Jerman selamat kendati tampil tidak mengesankan saat menang 1-0 dari sesama tim Piala Dunia 2014 Chile yang mendominasi pertandingan meski tampil di kandang lawan pada laga persahabatan dini hari tadi.

Di bawah dirijen pemain Barcelona, Alexis Sanchez, Chile yang memukau berhasil menunjukkan alasan mengapa mereka sukses menempati peringkat ketiga zona kualifikasi Amerika Selatan lalu.

Tim asuhan Jorge Sampaoli ini membombardir Jerman dengan 17 tendangan berpeluang gol sedangkan Jerman hanya menciptakan tujuh peluang, sementara tendangan penjuru Chile sebanyak 14 melawan empat yang hanya bisa diciptakan Jerman.

"Kami pulang dengan sedikit sedih," kata Sampaoli. "Hasilnya tidak seperti kami bayangkan, namun penampilan memberi kami banyak cakrawala positif. Kami telah memperlihatkan bahwa kami bisa menyaingi salah satu tim terbaik".

Tuan rumah hanya menikmati periode singkat bebas dari tekanan pada babak pertama ketika Mario Goetze menciptakan gol pada menit 16.

"Ini adalah kemenangan untung-untungan," kata kapten Jerman Philipp Lahm. "Orang mengeluarkan uang banyak untuk menonton kami dan jelas kami harus banyak bekerja lagi sebelum ke Piala Dunia. Namun kami selalu siap dengan baik untuk Piala Dunia, untuk itu saya tak khawatir."

Chile hampir menyamakan kedudukan pada sekitar satu jam pertandingan saat pemain Valencia Eduardo Vargas melepaskan tendangan membentur tiang gawang ketika kiper Jerman Manuel Neuer sudah mati langkah.

"Kemenangan adalah kemenangan, Chile benar-benar bagus," kata Bastian Schweinsteiger sembari menyebut Chile sebagai salah satu tim terbaik di Amerika Selatan.

Pelatih Jerman Joachim Loew menuntut pemainnya untuk membuktikan mereka pantas mewakili Jerman ketika ajang Piala Dunia tinggal 99 hari lagi. Namun hasil melawan Chile membuat Loew agak kesulitan menentukan anggota skuadnya sebelum diumumkan 8 Mei nanti.

Kendati Chile tampil kuat, Jerman memimpin ketika pemain Arsenal, Mesut Ozil, menerobos pertahanan Chile lalu mendapati Goetze tak terjaga dan gelandang Bayern Munchen ini tak ragu melepaskan tembakan  yang mengantarkan timnya menang 1-0.

Peluang terbaik Chile didapat pada babak pertama dari tembakan gelandang Charles Aranguiz yang dihalangi bek Jerman Kevin Grosskreutz. Lalu pemain Juventus Arturo Vidal menciptakan peluang lainnya, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014