Kami memberikan awards kepada mereka yang berprestasi dan berkontribusi terhadap dunia olahraga Indonesia pada 2013
Jakarta (ANTARA News) - Komite Olimpiade Indonesia menganugerahkan penghargaan kepada tujuh insan olahraga yang dinilai berkontribusi terhadap dunia olahraga di Indonesia.

"Kami memberikan awards kepada mereka yang berprestasi dan berkontribusi terhadap dunia olahraga Indonesia pada 2013," kata Ketua Umum KOI Rita Subowo di Jakarta, Jumat.

Adapun ketujuh penghargaan tersebut diberikan kepada Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin sebagai Pemerintah Provinsi yang berhasil menyelenggarakan Islamic Solidarity Games 2013, Ketua Umum Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Gita Wirjawan sebagai pembina olahraga terbaik dan pelatih timnas sepakbola U-19 Indra Sjafrie sebagai pelatih terbaik.

Sementara itu, tiga penghargaan lainnya diberikan kepada atlet terbaik, yaitu untuk cabang olahraga renang Triady Sidiq, angkat besi Deni dan Eko Yuli, Wushu Linswel dan atletik Maria Londa.

Rita berharap, para penerima penghargaan dapat meningkatkan terus prestasi dan kontribusi mereka, sehingga bisa menginspirasi pihak lain untuk turut berprestasi.

Gubernur Sumsel Alex Nurdin mengatakan penghargaan yang diterimanya dipersembahkan untuk Pemprov dan masyarakat Sumsel, karena kerja samanya dalam menyelenggarakan pergelaran olahraga tersebut.

"Kami sudah beberapa kali sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan olahraga, seperti Pekan Olahraga Nasional 2004, SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games 2013. Jadi, apabila ingin menyelenggarakan kejuaraan olahraga, bahkan untuk tingkat Asia, silahkan di Palembang," kata Alex.

Sementara itu, Gita Wirjawan mengatakan, penghargaan yang diraihnya diberikan kepada seluruh pemangku kepentingan di PBSI dengan harapan bulu tangkis tetap bisa menjadi primadona bagi Indonesia.

"Kami cukup bangga dengan prestasi yang selama ini diraih untuk cabang olahraga bulu tangkis. Semoga bulu tangkis bisa tetap berjaya dan tetap menjadi primadona," kata Gita.

Pelatih timnas U-19 Indra Sjafrie dalam sambutannya saat menerima penghargaan mengaku bahagia karena tim sepak bola Indonesia memberikan setitik harapan untuk dapat melaju ke ajang yang mendunia.

"Timnas U-19 betul-betul menunjukkan ke-Indonesiaannya. Mereka berasal dari Sabang sampai Merauke. Indonesia yang tadinya tidak mau hebat, sekarang menjadi negara hebat dengan hanya memperbaiki scouting," kata Indra.

Indra berharap, Timnas Indonesia dapat terus berprestasi dan bisa menjadi bagian dari perhelatan Piala Dunia.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014