... deflasi akan meningkatkan beban utang bahkan di negara-negara pinggiran selatan, seperti Portugal dan Spanyol...
Frankfurt (ANTARA News/Xinhua) - Kepala ekonom Dana Moneter Internasional (IMF) berpendapat bahwa risiko deflasi di kawasan euro adalah nyata, demikian laporan harian Jerman Handelsblatt, Senin (10/3).

Kepala ekonom IMF Olivier Blanchard memperingatkan dalam sebuah wawancara dengan harian Handelsblatt bahwa sebagian dari yang dipublikasikan di situs surat kabar itu, inflasi tetap positif tetapi risiko deflasi di wilayah euro tetap sesuai dengan skenario awal dari lembaga donornya.

Dia berargumen bahwa deflasi akan meningkatkan beban utang bahkan di negara-negara pinggiran selatan, seperti Portugal dan Spanyol karena meningkatkan daya saing di sana.

Efek negatif akan lebih besar daripada keuntungan dan bisa membuat output ekonomi lebih rendah, Blanchard memperingatkan.

Mengomentari sikap kebijakan moneter dari Bank Sentral Eropa (ECB), Blanchard percaya bahwa masih ada ruang untuk kebijakan moneter yang ekspansif meskipun bank sentral telah menurunkan suku bunga sejauh mungkin.

Pekan lalu, ECB memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah pada tingkat terendah. Presiden ECB Mario Draghi mengatakan pada konferensi pers bahwa inflasi kemungkinan akan tetap pada tingkat saat ini untuk satu periode tetapi tidak ada tanda-tanda deflasi di kawasan euro.
(T.A026)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014