Kudus (ANTARA News) - Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra ketika menjadi juru kampanye PBB di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyerukan kepada kader maupun simpatisan PBB agar tidak memilih golongan putih.

"Pada 9 April 2014 juga harus meluangkan waktu untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya," ujarnya, ketika menjadi juru kampanye PBB pada kampanye rapat umum Pemilu Anggota Legislatif di Lapangan Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, di Kudus, Minggu.

Apabila banyak pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya, kata dia, dikhawatirkan banyak pihak yang memanfaatkan surat suara yang belum digunakan tersebut untuk dicoblos sendiri demi kepentingan partai tertentu.

Menurut dia, semua pihak menginginkan pemilu terlaksana secara jujur dan adil, demikian halnya PBB tidak ingin ada kecurangan dalam pelaksanaannya nanti.

Pada kesempatan tersebut, dia juga meminta kerelaan kader maupun simpatisan partai untuk menjadi saksi di TPS pada saat pemungutan suara secara sukarela.

"Lebih baik beramal demi kepentingan selama lima tahun mendatang, supaya PBB tidak dicurangi," ujarnya.

Ia juga menyarankan kepada warga yang sudah memenuhi syarat menjadi pemilih dan belum tercatat sebagai pemilih untuk tetap datang ke TPS karena dengan kartu tanda penduduk (KTP) masih bisa mencoblos.

Dengan demikian, kata dia, tidak ada alasan belum mendapatkan surat pemberitahuan mencoblos enggan datang ke TPS, karena dengan menunjukkan KTP juga bisa menggunakan hak pilihnya.

"Kami yakin, kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) akan melayani masyarakat yang hadir di TPS dengan berbekal KTP," ujarnya.

Agar tetap bisa mencoblos, kata dia, masyarakat yang hanya berbekal KTP harus mendatangi TPS sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP tersebut.

Apabila anda salah memilih, katanya, kesalahan yang akan ditanggung berlangsung selama lima tahun.

Untuk itu, dia mengingatkan, agar mencoblos salah satu caleg tingkat kabupaten, provinsi dan pusat yang dikenal atau cukup mencoblos gambar PBB jika kebingungan menentukan pilihan calegnya.

Kader maupun simpatian yang hadir pada kampanye rapat umum tersebut, tidak hanya dari Kabupaten Kudus, melainkan ada pula yang berasal dari Jepara, Pati, Kabupaten Demak, dan Kendal.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014