Cianjur (ANTARA News) - Akibat hujan deras, ratusan kotak suara untuk pemilu rusak saat akan didistribusikan ke wilayah Cianjur Selatan, Jawa Barat, Kamis.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur kemudian melaporkan kerusakan tersebut ke KPU Provinsi untuk segera dikirimkan pengganti dan kembali didistribusikan.

Divisi Logistik KPU Cianjur, Hilman Isnaeni, mengatakan, kerusakan ratusan kotak suara itu akibat faktor alam, masih dapat diminimalisir sehingga kerusakan logistik pemilu tidak terlalu parah.

"Kalau kerusakan karena faktor alam, kami tidak bisa memprediksi karena pada saat penditribusian. hujan deras dan jarak tempuh yang sangat jauh," katanya.

Hingga saat ini, tutur dia, jumlah kerusakan logistik pemilu belum bisa dipastikan karena belum ada laporan resmi dari PPPK setempat, namun laporan sementara lebih dari 100 kotak suara rusak ringan dan berat.

"Kalau yang rusak ringan tidak diusulkan untuk penggantian karena masih bisa diperbaiki. Sedangkan untuk isi kotak logistik seperti, surat suara, busa, paku dan lainnya, bisa diselamatkan dan tidak ada kerusakan," ucapnya.

Logistik pemilu yang rusak, tambah dia, didistribusikan ke Kecamatan Agrabinta, Sindangbarang dan Cidaun. Sementara itu, kotak logistik yang di distribusikan sebanyak 1.232, untuk di wilayah Cikalongkulon, Sukanagara, Cibeber, Takokak, Pagelaran, Pasir Kuda dan Cugenang, telah disalurkan.

"Agar tidak terjadi hal yang sama, adanya kerusakan akibat hujan. Kotak logistik dilindungi terpar sebanyak dua lembar," pungkasnya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014