"Ada 200 kotak suara yang rusak dari penyedia yang berada di gudang logistik Kabupaten Bogor,"
Depok (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat menemukan 200 kotak suara rusak saat memantau logistik untuk Pemilu 2024.

"Ada 200 kotak suara yang rusak dari penyedia yang berada di gudang logistik Kabupaten Bogor," kata Komisioner KPU Kota Depok, Fikri Tamau di Depok, Jumat.

Fikri Tamau mengatakan alat logistik Pemilu 2024 yang rusak seperti kotak suara dan lainnya akan diganti oleh pihak penyedia.

"Ada kerusakan (logistik) dan kami segera melaporkan ke penyedia. Dan akan diganti," tutur Fikri Tamau.

Selain itu KPU Kota Depok telah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan seperti Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok untuk mengawal keamanan dan pengamanan logistik Pemilu 2024.

"Kami komisioner KPU Depok baru dilantik langsung berkoordinasi dan menyiapkan logistik. Koordinasi dengan Kodim dan Polres Metro Depok untuk keamanan dan pengamanan," kata Fikri Tamau.

Selain itu juga pendistribusian logistik ke tempat pemungutan suara (TPS) juga dikawal dengan aparat keamanan.

"Kami juga melakukan suplai pendistribusian alat logistik ke TPS se Depok.

Fikri Tamau menambahkan untuk pelipatan surat suara baik surat suara untuk calon presiden, DPD, DPR RI, DPRD tingkat provinsi, DPRD tingkat kota atau kabupaten dijaga ketat oleh pihak aparat keamanan.

"Butuh pengawal dari aparat kepolisian. Surat suara datang ada sortir dan pelipatan di gudang logistik KPU Depok yang ada di Bogor," tutur Fikri Tamau.

Selain itu Fikri Tamau menginformasikan logistik Pemilu 2024 di gudang Bogor belum semua datang, namun baru ada alat logistik seperti pulpen, bantal, tinta, alat tulis, kotak suara dan surat suara dan lainya.

"Surat suara yang sudah tiba untuk kertas calon DPR RI dan DPRD tingkat provinsi," kata Fikri Tamau.

Sementara itu Sekretaris KPU Depok Yodi Joko Bintoro menyebutkan jumlah surat suara atau SUSU untuk Kota Depok sebanyak 1.423.760 lembar surat suara.

"Ada tambahan 1.000 untuk Pemilihan Suara Ulang (PSU) lembar," kata Yodi Joko Bintoro.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024