merupakan peristiwa yang tidak bisa dikendalikan
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat  mengajukan penggantian sepuluh kotak surat suara yang rusak di Kantor Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat.
 
"Iya betul ada temuan sepuluh kotak surat suara yang rusak di Kecamatan Gambir. Itu nanti akan kita kembalikan ke penyedia, sebagai bentuk untuk penggantian," kata Ketua KPU Jakarta Pusat Efni Adniansyah di Jakarta, Rabu.
 
Efni menyebut  sudah mengajukan penggantian kotak surat suara ke KPU DKI Jakarta. Targetnya kotak surat suara yang rusak tersebut sudah selesai diganti pada tujuh hari sebelum pencoblosan, yaitu pada 7 Februari 2024.
 
Efni menyebut dari sepuluh kotak surat suara yang rusak itu, sebanyak delapan kotak rusak karena dimakan hama rayap karena kondisi gedung yang lembab. Panitia yang saat itu piket dan berjaga baru mengetahui kerusakan tersebut pada 7 Januari 2024.
 
Sementara itu, dua kotak surat suara lainnya sudah rusak saat proses produksi barang. Panitia menemukan kotak surat suara tersebut sudah bolong saat dirakit pada Desember lalu.
 
Kejadian tersebut, kata Efni merupakan peristiwa yang tidak bisa dikendalikan. Efni memastikan pihaknya sudah mengatur jadwal piket untuk menjaga gudang logistik dan mengecek kondisi kotak surat suara yang ada di kecamatan Jakarta Pusat.
 
"Kita ada jadwal piket  di panitia pemilihan kecamatan (PPK) tujuannya untuk menjaga logistik gudang kota yang ada di kecamatan. Tetapi mengingat curah hujan yang tinggi membuat tempat menjadi lembab. Kita sudah siapkan semua mitigasi bahkan perencanaan yang matang, tapi memang situasinya tidak bisa kita kendalikan," jelas Efni.
 
Lebih lanjut, Efni mengatakan pihaknya langsung memindahkan kotak surat suara yang rusak dan membersihkan tempat lainnya agar kerusakan tidak menyebar ke kotak surat suara lainnya.
 
Sebelumnya, Camat Gambir Andri Ferdian mengatakan, kerusakan delapan kotak surat suara yang bolong dimakan hama rayap berada di sejumlah sisi.
 
Andri menjelaskan, kasus surat suara rusak ini berdasarkan laporan dari PPK Gambir. Pihaknya segera menyiasati penyimpanan logistik pemilu.
 
Kotak surat suara yang berbahan kardus tersebut disimpan di lantai dasar Kantor Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat yang berada di Jalan KH Mohammad Mansyur, Duri Pulo, Jakarta Pusat.
 
"Kita siasati penyimpanan logistik pemilu dengan diberikan alas di bagian bawah kotak suara. Alas yang digunakan berupa spanduk yang tidak terpakai," ungkapnya.
Baca juga: KPU Jakpus simulasi layanan penyandang disabilitas di TPS
Baca juga: Antrean warga pindah TPS di KPU Jakpus mengular ke Jalan Pejambon
Baca juga: Posko Bersama Pemilu 2024 di Jakpus resmi beroperasi

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024