Berlin (ANTARA News) - Bayern Munich menderita kekalahan perdana mereka di Liga Jerman sejak Oktober 2012 pada Sabtu, ketika laju rekor 53 pertandingan tidak terkalahkan mereka terhenti akibat kekalahan 0-1 di markas Augsburg.

Pelatih Pep Guardiola menurunkan tim yang lebih lemah untuk derby Bavaria dan hal itu membuat Bayern takluk untuk pertama kalinya di Liga Jerman, sejak mereka kalah 1-2 dari tamunya Bayer Leverkusen pada 28 Oktober 2012.

Dengan satu mata sudah menatap pada pertandingan Liga Champions ketika mereka menjamu Manchester United, Guardiola memainkan tiga pemain remaja, memberi debut Liga Jerman kepada dua pemain bek sayap Ylli Sallahi dan Mitchell Weiser, sedangkan Pierre-Emile Hoejbrerg dimainkan di sektor sayap kiri.

Perjudian itu berakhir buruk ketika Weiser kehilangan penguasaan bola dari pemain Augsburg Daniel Baier, yang memberi umpan pada Sascha Molders dan penyerang Ausgburg itu melepaskan tembakan melewati kiper Bayern Manuel Neuer pada menit ke-31, yang kemudian menjadi gol kemenangan.

Itu merupakan pertandingan ketiga kalinya secara beruntun di mana Bayern tertinggal, dan Guardiola meresponnya dengan memasukkan para pemain bintang yakni Mario Goetze, David Alaba, dan Thomas Mueller.

Upaya bek kiri Alaba membentur mistar gawang pada menit ke-68 ketika Bayern berusaha memelihara peluang untuk menjadi tim pertama yang menjuarai Liga Jerman tanpa sekalipun menelan kekalahan.

Setelah kalah 2-4 dari Borussia Dortmund pada Piala Super Jerman Juli silam dan takluk 2-3 saat menjamu Manchester City di fase grup Liga Champions Desember silam, ini merupakan kekalahan ketiga Bayern di musim ini sejak Guardiola menjadi pelatih mereka pada Juni.

Bayern telah dikonfirmasi menjadi juara Liga Jerman sepuluh hari silam, ketika mereka memastikan gelar dengan rekor tujuh pertandingan tersisa.

Dengan tim peringkat kedua Borussia Dortmund bermain di markas Vfl Wolfsburg pada Sabtu malam, Schalke 04 tetap berada pada peringkat ketiga, ketika mereka bangkit dari ketinggalan untuk bermain imbang 1-1 di markas Werder Bremen.

Bremen membuka keunggulan ketika penyerang Argentina Franco di Santo mencetak gol pada menit ke-15, sebelum pemain remaja Schalke Leon Goretzka menyamakan kedudukan untuk The Royal Blues pada menit ke-33, demikian AFP.
(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014