Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen mengamankan puncak klasemen sementara Bundesliga atau Liga Jerman usai memetik tiga poin penuh dari kandang Augsburg.

Dalam pertandingan pekan ke-17 Bundesliga yang berlangsung di WWK Arena, Augsburg, Sabtu malam WIB, Leverkusen menang tipis atas tuan rumah Augsburg 1-0.

Memulai babak pertama, Leverkusen mengambil inisiatif menyerang dengan memanfaatkan dua sisi sayap untuk membongkar pertahanan Augsburg.

Di menit ke-18, Leverkusen memperoleh peluang emas. Melalui skema serangan balik, Patrik Schick yang berhadap-hadapan dengan penjaga gawang Augsburg Finn Dahmen mampu mengelabuhinya. Schick yang tinggal menyontek bola ke arah gawang kosong malah kehilangan keseimbangan dan bola mampu diamankan bek Augsburg Felix Uduokhai.

Tiga menit berselang, Augsburg membalas serangan Leverkusen namun sepakan dari luar kotak penalti Ermedin Demirovic masih melebar di sisi kiri gawang Lukas Hradecky.

Menit ke-27, Alex Grimaldo melesatkan tembakan dari luar kotak penalti tapi masih membentur mistar gawang Dahmen.

Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama. Sepanjang paruh babak pertama, Leverkusen melepaskan empat tembakan ke arah gawang dan lima tembakan yang ke luar gawang sementara Augsburg melesatkan dua tembakan yang ke luar gawang.

Di babak kedua, Leverkusen terus menguasai tempo permainan untuk membongkar celah dari Augsburg yang menerapkan garis pertahanan rendah.

Tapi sejumlah tembakan yang mengarah ke gawang mampu di amankan oleh Dahmen.

Menit ke-72, Augsburg melancarkan serangan balik, Philip Tietz melepaskan tembakan yang tak dapat diantisipasi Hradecky. Namun gol tersebut dianulir oleh wasit usai Tietz berdiri dalam posisi offside.

Menit ke-88, tembakan dari luar kotak penalti Jonas Hofmann mampu ditepis oleh Dahmen dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Di masa perpanjangan waktu, dari sektor kanan pertahanan Augsburg, Grimaldo melepaskan umpan silang yang langsung disambut oleh Exequiel Palacios untuk membawa Leverkusen unggul 1-0.

Hingga peluit panjang babak kedua ditiup, keunggulan 1-0 Leverkusen atas Augsburg bertahan.

Dengan hasil ini membuat Leverkusen memperlebar jarak dari Bayern Muenchen dengan selisih empat poin. Saat ini Leverkusen mengoleksi 45 poin dari 17 pertandingan sementara Muenchen berada di peringkat kedua dengan koleksi 41 poin dari 16 pertandingan.

Kekalahan ini membuat Augsburg tidak beranjak dari peringkat kesepuluh dengan mengoleksi 18 poin dari 17 pertandingan.

Susunan pemain:

Augsburg (4-4-2): Finn Dahmen (PG); Jeffrey Gouweleeuw, Iago, Kevin Mbabu, Felix Uduokhai, Ruben Vargas, Elvis Rexhbecaj, Niklas Dorsch, Fredrik Jensen; Ermedin Demirovic, Phillip Tietz
​​​​​​
Bayer Leverkusen (4-4-2): Lukas Hradecky (PG), Josip Stanisic, Alex Grimaldo, Jeremie Frimpong, Piero Hincapie; Robert Andrich, Jonas Hofmann, Exequiel Palacios, Granit Xhaka; Patrik Schick, Adam Hlozek

Baca juga: Bayern kenang Beckenbauer dengan kemenangan 3-0 atas Hoffenheim

Baca juga: Perjuangan Leverkusen raih gelar berpotensi terganggu Piala Afrika

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024