Jakarta (ANTARA News) - Chelsea sementara menggeser Liverpool di puncak klasemen Liga Utama Inggris setelah menang 3-0 atas Stoke City dalam laga di Stamford Bridge, Sabtu (Minggu dinihari WIB).

Gol Mohamed Salah, Frank Lampard, dan Willian membawa Chelsea memuncaki klasemen dengan poin 72, menggusur Liverpool ke posisi dua dengan selisih hanya sepoin, dan Manchester City yang sempat naik posisi dua melorot lagi ketempat ketiga.

Kerja keras Lampard pada 12 menit pertama patut dipuji, umpannya menghantar tiga peluang bagus bagi Chelsea, namun tendangan Mohamad Salah masih bisa dibendung kiper Stoke Asmir Begovic, sedangkan penyelesaian Torres dan Ivanovic meleceng tipis.

Setelah lolos dari ancaman tendangan kaki kiri Peter Odemwingie, Chelsea membuka keunggulan pada menit 32. Mohammad Salah memasukkan bola ke sudut kiri atas gawang Stoke memanfaatkan umpan Nemanja Matic.

Meski mendapatkan lagi melalui Andre Schurrle dan Frank Lampard dalam kurang lebih 10 menit akhir babak pertama, Chelsea tidak bisa menambah gol hingga turun minum.

Baru pada menit 60 babak kedua, Frank Lampard dengan kaki kanannya mencetak gol kedua bagi Chelsea dari jarak dekat dan tuan rumah unggul 2-0.

Setelah tiga peluang lewat Torres, Lampard, dan Hazard, serta dua ancaman dari Stoke lewat Charlie Adam dan Odemwingie, Willian kemudian melengkapi kemenangan telak Chelsea lewat golnya pada menit 72.

Sementara Stoke yang kembali berupaya kembali melalui Charlie Adam tidak juga mampu memperkecil defisit gol.

Hasil itu mengangkat Chelsea naik ke puncak klasemen, menggeser Liverpool, sedangkan Manchester City yang menang 4-1 dari Southampton dan sempat naik ke posisi dua akhirnya kembali ke tempat ketiga dengan poin 70, demikian mengutip laman resmi Premier League.

Besok malam Liverpool akan bertandang ke markas peringkat 11 West Ham United. Jika The Reds sukses mendulang poin maka Chelsea harus rela turun ke peringkat kedua.

Kekalahan ini juga membuat Stoke City tertahan di peringkat 10 klasemen dengan 40 poin dan posisinya terancam turun jika tim peringkat ke-11, West Ham, sukses mengalahkan Liverpool.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014