... hanya ada beberapa C-130H Hercules, Boeing B-737-300, dan C-295 dari beberapa skuadron udara yang berpangkalan di sana yang dijadikan latar belakang parade upacara... "
Jakarta (ANTARA News) - Peringatan HUT ke-68 TNI AU kali ini sangat sederhana, tanpa terbang lintas pesawat terbang, terjun payung pasukan, peragaan bela diri militer, bahkan tanpa drum band karbol Akademi TNI AU, yang semuanya biasa ditampilkan dengan gegap-gempita.

Upacara yang memajang hanya beberapa pesawat terbang transport militer di pelataran Skuadron Udara 2 dan Skuadron Udara VIP 17 Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, itu dipimpin Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI IB Putu Dunia.

Peringatan kali ini juga bertepatan dengan hari Pemilu Legislatif 2014.

Biasanya, kepadatan jalan raya menuju pangkalan udara terbesar di belahan barat Pulau Jawa itu sudah terjadi sejak kawasan Cililitan dan Cawang, Jakarta Timur, saban hari ulang tahun TNI AU. Kali ini jalan-jalan menuju pangkalan udara itu sangat lengang.

Di arena upacara, hanya ada beberapa C-130H Hercules, Boeing B-737-300, dan C-295 dari beberapa skuadron udara yang berpangkalan di sana yang dijadikan latar belakang parade upacara. Sekitar 2.000 personel TNI AU menjadi pasukan upacara, yang dibagi menjadi dua brigade upacara.

Selain Putu Dunia, juga hadir Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, dan Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Sutarman, dalam upacara itu.

Juga beberapa pejabat puncak di lingkungan TNI AU, di antaranya Panglima Komando Operasi I TNI AU, Marsekal Muda TNI Mohammad Syaugi, dan Komandan Korps Pasukan Khas TNI AU, Marsekal Muda TNI Herpin Ondeh, serta Komandan Komando Pasukan Khusus TNI AD, Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo.

Selesai upacara dilaksanakan, giliran pasukan menggelar defile upacara yang dimulai brigade upacara 1 diikuti brigade upacara 2. Makan siang sederhana sambil bersilaturahmi menjadi acara penutup.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014