Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono berpesan kepada jajaran prajurit peringatan HUT Ke-78 TNI AU menjadi pengingat bagi mereka untuk selalu mengasah kemampuan diri.

Bagi KSAU, kebiasaan untuk mengasah diri merupakan salah satu cara untuk selalu memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

“Kepada segenap generasi penerus TNI Angkatan Udara, pada momen peringatan 78 tahun TNI Angkatan Udara ini, saya berpesan untuk terus mengasah diri dan menambah wawasan, serta terus tumbuhkan semangat juang untuk memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Udara,” kata Tonny dalam tayangan yang disiarkan Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau) di akun YouTube resminya Airmen TV Dispenau di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan TNI AU menghadapi berbagai tantangan yang kompleks dan dinamis seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan zaman.

Namun, menurut Tonny, tantangan demi tantangan itu berhasil dihadapi oleh jajaran prajurit TNI AU dalam berbagai tugas pengabdiannya mulai dari operasi kemanusiaan, penanggulangan bencana alam, penanggulangan kelompok kriminal bersenjata, sampai membantu pemerintah mewujudkan Indonesia Maju.

Tidak hanya itu, Tonny melanjutkan TNI AU juga mampu menjaga sikap netralnya selama Pemilu 2024.

“Yang tidak kalah penting, mari tumbuhkan di dalam diri dan jadilah prajurit sejati yang mampu mewujudkan TNI Angkatan Udara yang adaptif, modern, profesional, unggul dan humanis, serta semakin dicintai rakyat,” kata KSAU ke jajaran prajurit TNI AU.

TNI Angkatan Udara resmi terbentuk sejak 9 April 1946 sebagaimana diatur dalam Penetapan Pemerintah Nomor 6/SD/1946 tentang Pembentukan Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara yang diteken oleh Presiden Ke-1 RI Soekarno. Tanggal itu pula yang kemudian diperingati setiap tahun sebagai hari jadi TNI Angkatan Udara.

“TNI Angkatan Udara selama 78 tahun pengabdiannya telah membuktikan diri dan senantiasa mampu menjadi garda terdepan bangsa dalam menjaga kedaulatan negara dan kehormatan bangsa di udara,” kata Tonny Harjono.

Dia pun menutup pidatonya itu dengan mengucapkan terima kasih kepada para pendahulu TNI AU juga kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AU atas perjuangan, pengabdian, dan dedikasi mereka terhadap tugas.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian tanpa batas dari seluruh prajurit dan PNS TNI AU di mana pun berada dan bertugas,” kata KSAU.

“Dirgahayu TNI AU. Salam Swa Bhuwana Paksa,” sambung dia.

Baca juga: RSPAU Hardjolukito gelar bakti sosial dalam peringati HUT ke-78 TNI AU
Baca juga: Lanud El Tari cari pesepak bola muda dalam turnamen di Kupang

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024