Yogyakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) dr. Suhardi Hardjolukito Yogyakarta menyelenggarakan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan, donor darah dan pembagian kebutuhan bahan pokok kepada masyarakat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI AU.

"Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk komitmen dan kepedulian TNI AU melalui Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dalam memberikan manfaat langsung kepada masyarakat," kata Kepala RSPAU Hardjolukito Marsekal Pertama (Marsma) TNI Roikhan Harowi dalam sambutan pada bakti sosial di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, melalui berbagai layanan kesehatan yang disediakan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, sekaligus membangun keakraban antara TNI AU dengan masyarakat di sekitar.

"Semua kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan merata kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan," katanya.

Lebih lanjut Kepala RSPAU Hardjolukito mengatakan, bahwa layanan kesehatan yang dilakukan ini hanya sebatas bentuk kecil dari apa yang seharusnya dapat diberikan kepada masyarakat.

"Namun, bakti sosial ini bukanlah tujuan utama, melainkan sebagai media untuk membangun semangat keberpihakan TNI Angkatan Udara terhadap masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Melalui kegiatan ini pula, kata dia, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat dan menciptakan keterlibatan yang lebih erat antara TNI Angkatan Udara dengan masyarakat.

Kepala RSPAU Hardjolukito mengatakan, tema Peringatan HUT ke-78 TNI AU tahun 2024, yaitu "TNI AU yang Disegani di Kawasan Siaga Senantiasa Mengamankan Kedaulatan Wilayah Udara Nasional untuk Indonesia Maju".

"Kegiatan bakti sosial ini juga mencerminkan komitmen TNI Angkatan Udara dalam menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah udara Indonesia, tidak hanya melalui aspek pertahanan, tetapi juga melalui pemberian kontribusi positif kepada masyarakat," katanya.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat memberi manfaat kepada seluruh masyarakat dan kepada prajurit TNI AU pada khususnya dalam menumbuhkan semangat rasa solidaritas dan jiwa gotong royong, bahwa TNI AU adalah bagian dari masyarakat.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024