... sudah tiba dan disimpan pada lokasi steril dalam pengawasan ketat kepolisian... "
Musirawas, Sumatera Selatan (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, akan mendistribusikan soal ujian nasional ke sekolah-sekolah dengan pengawalan polisi.

"Saat ini soal Ujian Nasional (UN) 2013/2014 sudah tiba dan disimpan pada lokasi steril dalam pengawasan ketat kepolisian," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musirawas, Jemain, di Musirawas, Sabtu.

Pendistribusian soal UN itu, katanya, setelah pengecekan oleh petugas Dinas Pendidikan Kabupaten Musirawas bersama Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel.

Hingga saat ini, katanya, semua soal UN dan lembar jawaban masih disimpan di kantor instansi itu.

"Selanjutnya soal dan lembar jawaban UN akan didistribusikan ke sekolah-sekolah dengan pengawalan petugas dari kepolisian," katanya.

Distribusi soal UN, katanya, juga dengan pengawalan petugas Disdik Sumsel dan pengawas dari perguruan tinggi, hingga titik sub-rayon penyimpanan terakhir di kabupaten dan kota.

Ia menjelaskan tempat penyimpanan soal UN akan dibuka jika tim dari Disdik provinsi dan pengawas tiba di Musiarwas, namun pembukaan tempat itu hanya untuk memeriksa jumlah amplop naskah UN untuk per mata pelajaran yang diujikan.

"Koli boleh dibuka tapi tidak untuk amplop soal, tujuannya hanya untuk mengecek amplop soal dan mata pelajaran," katanya.

Apabila tidak ada masalah maka tempat itu ditutup kembali.

"Pagi ini seluruh soal UN itu akan didistrubikan ke sekolah-sekolah di bawah pengawasan kepolisian," katanya. 

Pewarta: Zulkifli Lubis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014