Semarang (ANTARA News) - Indonesia menempatkan empat wakilnya pada semifinal kejuaraan dunia junior bulu tangkis setelah pada babak perempat final di Alor Setar, Malaysia, Rabu, mengalahkan lawan-lawannya.

Berdasarkan laman PBSI yang dipantau di Semarang, Jateng, Rabu, keempat wakil Indonesia yang melangkah ke babak empat besar adalah tunggal putra (Anthony Ginting), ganda putra (pasangan Muhammad Rian Ardianto/Hendrik K Clinton), ganda putri (pasangan Rosyita Eka Putri Sari/Apriani), dan ganda campuran (pasangan Muhammad Rian Ardianto/Rosyita Eka Putri Sari).

Pada nomor tunggal putra Anthony Ginting melangkah ke babak empat besar setelah mengalahkan pemain Jepang Kanta Tsuneyama dengan dua game langsung 21-13, 21-5. Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan pada saat bertemu di perempat final kejuaraan junior Asia 2014.

Pemain asal klub SGS PLN Bandung ini mengaku belajar banyak dari kekalahan sebelumnya. Sebenarnya secara teknik permainan, dirinya bisa menang pada pertemuan sebelumnya hanya saja saat itu kurang sabar di lapangan.

"Saya sudah hapal kelebihan dan kekurangan Kanta di bagian mana, Kekalahan sebelumnya memberi saya banyak pelajaran. Sebetulnya dia (pemain Jepang) tidak terlalu berbahaya, asalkan saya bisa sabar dan bisa mengikuti ritme permainan, pasti bisa menang," kata pemain kelahiran Cimahi, Jabar, 20 Oktober 1996.

"Tetapi saya tidak menyangka bisa menang dengan skor cukup jauh. Dengan mencermati kekurangan dia dan terus mencecar di bagian yang lemah tersebut, saya membuat dia tidak bisa mengembangkan permainan," katanya.

Pada babak semifinal Anthony Ginting ditantang pemain Tiongkok Shi Yuqi yang diunggulkan di tempat kedua, sedangkan semifinal lainnya diisi pemain Tiongkok Lin Gui Pu menghadapi Zhao Jun Peng.

Sayang sukses Anthony ini tidak diikuti rekannya Jonatan Christie yang dikalahkan Lin Gui Pu dengan dua game langsung 17-21,18-21.

Sementara itu pada nomor ganda campuran pasangan Muhammad Rian Adrianto/Rosyita Eka Putri sari melangkah ke semifinal setelah mengalahkan unggulan 5/8 dari Tiongkok He Jiting/Du Yue dengan dua game langsung 21-14,21-16.

"Kami bersyukur dengan kemenangan ini. Walaupun sudah memenuhi target, kami berharap bisa meraih hasil yang lebih baik. Dari awal kami memang sudah yakin bisa mengalahkan unggulan kedua ini," kata Rian.

Pada semifinal, mereka akan bertemu pasangan Korea Selatan Park Kyung Hoon/Park Keun Hye, sedangkan semifinalis lainnya saling berhadapan unggulan pertama dari Tiongkok Huang Kaixiang/Chen Qingchen melawan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang).

Muhammad Rian Ardianto yang juga turun pada nomor ganda putra berpasangan dengan Hendrik K Clinton melenggang ke semifinal setelah mengalahkan unggulan 4/4 dari Hong Kong Chung Yonny/Yeung Shing Choi dengan dya game langsung 21-15,21-17.

Pada babak empat besar mereka akan menghadapi pasangan Jepang Yamate Katsuki/Nakata masahide yang menyingkirkan pasangan Inggris Alexander Bond/Koel Eipe dengan rubber game 18-21,21-8,21-16.

Sementara itu Rosyita Eka Putri Sari yang juga turun pada nomor ganda putri berpasangan dengan Apriani juga melangkah ke babak empat besar setelah mengalahkan pasangan Thailand Pacharapun Chochuwong/Chanisa Teachavorasinskun dengan rubber game 19-21,21-14,21-15.

Pada empat besar mereka akan menghadapi pasangan Tiongkok Jiang Binbin/Tang Pingyang, sedangkan semifinal lainnya diisi dua pasangan dari Tiongkok yaitu antara pasangan Chen Qingchen/Jia Yi Fan melawan Du Yeu/Li Yin Hui.(*)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014