Bandung (ANTARA News) - Arus lalu lintas di jalur selatan Jawa Barat, yang meliputi Bandung - Garut - Tasikmalaya, padat pada libur panjang akhir pekan ini, Jumat.

Kepadatan arus lalu lintas terjadi di jalur baik ke arah Limbangan maupun ke arah Kota Garut. Selain arus kendaraan wisatawan, jalur itu juga dilintasi oleh para pengendara yang akan mudik ke kampung halaman.

"Polisi sudah melakukan antisipasi pada libur panjang akhir pekan ini, pengamanan dilakukan dari Cileunyi hingga Nagreg, selanjutnya oleh Polres Garut," kata Bripka Iriawan dari Satlantas Polres Bandung.

Peningkatan jumlah kendaraan berplat nomor B meningkat signifikan sejak Kamis (17/4) hingga Jumat, bahkan kepadatan luar biasa terjadi pada Jumat pagi hingga sempat terjadi antrean di jalur selatan itu.

Jalur di tanjakan Nagreg lama diberlakukan sistem satu arah untuk mengalirkan arus lalu lintas dari Bandung, sedangkan dari Limbangan dan Garut menggunakan jalur Lingkar Nagreg.

Hal sama juga terjadi di jalur Cileunyi - Sumedang. Antrean kendaraan terjadi mulai dari Tanjungsari hingga Jatinangor.

Sementara di Kota Bandung, sejumlah jalur wisata seperti Pintu Tol Pasteur, Jalan Sukajadi, Cihampelas dan Jalan Setiabudi-Ledeng-Lembang juga padat, terutama menjelang Jumat petang.

Antrean kendaraan berplat nomor B masuk ke jalur wisata di kawasan Bandung utara, khususnya ke jalur Lembang dan Cisarua. Selain itu juga di jalur wisata kuliner dan FO di Jalan Dago dan Jalan Martadinata.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014