Berlin (ANTARA News) - Bayer Leverkusen kembali merebut peringkat keempat di Liga Jerman pada Minggu melalui kemenangan 4-1 di markas Nuremberg, pada perjuangan mereka untuk mempertahankan tempat di Liga Champions untuk musim depan.

Gol-gol dari bek tengah Bosnia Emir Spahic dan bek kiri Polandia Sebastian Boenisch untuk Leverkusen membatalkan gol penyama kedudukan Marvin Plattenhardt di babak pertama dari tendangan bebas langsung yang membuat tim tamu unggul 2-1 setelah turun minum, lapor AFP.

Bintang Leverkusen asal Korea Selatan Son Heung Min memastikan kemenangan timnya ketika ia berlari cepat dari serangan balik dan menghancurkan pertahanan, untuk kemudian Spahic mencetak gol keduanya saat pertandingan tinggal menyisakan 10 menit.

Mantan pemain internasional Jerman Roberto Hilbert mencetak gol keempat Leverkusen tujuh menit setelah ia tampil sebagai pemain pengganti.

Leverkusen unggul satu angka atas Wolfsburg dengan tiga pertandingan tersisa untuk menentukan wakil keempat Jerman di Liga Champions, setelah Wolves menghabiskan 24 jam di peringkat keempat setelah menang 3-1 di kandang Hamburg.

Bayer menikmati kemenangan beruntun kedua mereka sejak mantan kapten Liverpool Sami Hyypia dipecat sebagai pelatih, sedangkan Nuremberg menderita kekalahan beruntun keempat mereka yang membuat tim itu harus menghuni peringkat kedua dari bawah.

VfB Stuttgart mengambil langkah besar untuk dapat lolos dari degradasi dengan kemenangan 3-1 atas tamunya tim peringkat ketiga Schalke 04, yang membuat mereka unggul empat angka atas zona degradasi.

Penyerang Austria Martin Harnik mencetak dua gol sedangkan penyerang Jerman Cacau juga menyumbang gol, ketika Stuttgart unggul 3-0 sebelum pemain Hungaria Adam Szalai mencetak satu gol balasan untuk tim tamu saat pertandingan tinggal menyisakan 20 menit.

Pada Sabtu, Bayern Munich mengakhiri laju tiga pertandingan tanpa kemenangan di Liga Jerman dengan kemenangan 2-0 atas tuan rumah sekaligus tim juru kunci Eintracht Braunschweig, empat hari sebelum mereka memainkan pertandingan semifinal Liga Champions melawan Real Madrid.

Pemain veteran asal Peru Claudio Pizzarro (35) dan penyerang Kroasia Mario Mandzukic mencetak kedua gol bagi timnya tersebut, pada pertandingan yang merupakan kemenangan ketiga Bayern dari tujuh pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Bayern tidak diperkuat pemain incaran Manchester United Toni Kroos dan Rafinha, yang keduanya sedang diskors, sedangkan , sedangkan bek kiri David Alaba absen karena sedang sakit.

Kiper Jerman Manuel Neuer absen pada lawatan ke Braunschweig saat ia masih memulihkan diri dari cedera betis, dan kiper cadangan Lukas Raeder dimainkan untuk ketiga kalinya.

Kemenangan ini membuat Bayern mengumpulkan 81 angka dan unggul 17 angka atas tim peringkat kedua Dortmund, yang mendulang kemenangan beruntun kelimanya.

Borussia menikmati kemenangan 4-2 atas tamunya Mainz 05 ketika pelatih Jurgen Klopp menghadapi bekas klubnya yang sempat ia tangani dari 2001 sampai 2008.

Dortmund membuka keunggulan saat pertandingan baru berlangsung enam menit melalui gol yang terjadi lewat proses kontroversial, ketika sepakan Milos Jojic mengenai tangan pemain Borussia Oliver Kirch untuk masuk ke gawang, namun meski mendapat protes, wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Penyerang Jepang Shinji Okazaki mencetak dua gol untuk Mainz untuk mengubah skor menjadi 2-2, gol keduanya dibukukan setelah pemain Dortmund Nuri Sahin mengirimkan operan ke belakang yang buruk. Pemain internasional Jepang itu mencetak satu gol lagi setelah gol Robert Lewandoski sempat membuat Dortmund memimpin untuk sementara.

Dortmund memastikan mereka mendapatkan tiga angka, yang mengonfirmasi mereka dapat langsung lolos ke Liga Champions, melalui gol-gol yang disumbangkan bek Lukasz Piszczek dan pemain sayap Jerman Marco Reus, yang mengonversi penalti 12 menit sebelum pertandingan usai setelah Mainz harus kehilangan bek tengah Niko Bungert yang diusir keluar lapangan karena melakukan "handball."

VfL Wolfsburg menang 3-1 di markas Hamburg melalui gol-gol Ivan Perisic, Kevin de Bruyne, dan Iivica Olic membuat Wolfes unggul 3-0 setelah turun minum, sebelum pemain Hamburg Ivo Ilicevic mencetak gol hiburan bagi tim tamu yang tetap menghuni peringkat ketiga dari bawah.

Wolfes harus bermain dengan 10 pemain ketika gelandang Luis Gustavo diusir keluar lapangan karena menerima kartu kuning kedua pada menit ke-90.

Hamburg menghadapi terdegradasi untuk pertama kalinya dari kompetisi tertinggi di Jerman sepanjang sejarah mereka.

Freiburg secara virtual telah mengamankan posisi mereka di Liga Jerman melalui kemenangan 4-2 atas Borussia Moenchengladbach, yang membuat mereka unggul delapan angka di atas zona degradasi dengan lima pertandingan tersisa.

Sementara itu, Werder Bremen memperbesar peluang untuk bertahan di Liga Jerman ketika mereka menang 3-1 atas tamunya Hoffenheim, yang membuat mereka menduduki peringkat ke-11 dan unggul sembilan angka dari zona merah, sedangkan tim papan tengah Hertha Berlin dan Augsburg berbagi angka setelah keduanya bermain imbang tanpa gol. 


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014