Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Chatib Basri mengaku sedang mempelajari rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk oleh PT Bank Mandiri Tbk, sebelum memberikan keputusan terkait aksi korporasi ini.

"Saya sudah terima suratnya hari Sabtu (19/4) kemarin. Sedang didisposisi supaya dipelajari. Intinya Pak Dahlan (Menteri BUMN) punya rencana untuk Bank Mandiri mengambil BTN," ujarnya di Jakarta, Senin.

Chatib mengatakan, rencana akuisisi sedang dipelajari oleh Kementerian Keuangan, karena BTN merupakan bank yang memiliki karakteristik berbeda dengan bank-bank lainnya, terutama dalam fungsi pembiayaan perumahan.

"Ini dipelajari dengan baik, kajiannya mesti agak lengkap dan bukan sekedar besar saja. Karena BTN fungsinya khusus dan berbeda dengan bank lain," katanya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan menegaskan, dirinya tidak akan mundur dan terus memperjuangkan proses akuisisi Bank Tabungan Negara oleh Bank Mandiri meskipun mendapat tentangan dari sejumlah kalangan.

"BTN harus dibesarkan. Belum tentu pihak-pihak yang menentang akuisisi BTN oleh Bank Mandiri itu memiliki konsep dan roadmap yang jelas di bidang itu," kata Dahlan dalam layanan pesan singkat (SMS).

Pewarta: Satyagraha
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014