Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya menambah jumlah ruang perawatan khusus untuk anak-anak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang terdapat di wilayah ibukota.

"Saat ini sejumlah RSUD masih kekurangan ruang-ruang perawatan khusus anak yang dilengkapi dengan alat Pediatric Intensive Care Unit (PICU). Makanya, kita mau tambah," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, salah satu rumah sakit yang akan dilengkapi dengan ruang perawatan khusus anak itu, yakni RSUD Koja dan juga RSUD Pasar Minggu.

Dia menilai penambahan kamar-kamar perawatan itu dilakukan mengingat semakin meningkatnya jumlah pasien, terutama anak-anak yang berasal dari keluarga yang tidak mampu.

"Dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak sekali pasien anak-anak yang tidak mampu yang membutuhkan jenis perawatan khusus itu, sedangkan jumlah alat yang kita punya saat ini jumlahnya sangat sedikit," ujar Ahok.

Dia pun mengakui penambahan alat-alat tersebut saat ini sebetulnya agak sedikit terlambat. Namun, hal itu akan segera diupayakan oleh Pemprov DKI pada tahun ini.

"Sebenarnya, penambahan itu sudah agak terlambat sekarang. Tapi, keterlambatan itu akan kita kejar tahun ini juga. Peralatan itu akan kita tambah jumlahnya," tutur Ahok.

Untuk RSUD Koja, ruang PICU yang tersedia saat ini sebanyak enam unit dan akan ditambah menjadi 26 unit. Ruang-ruang lain yang juga akan ditambah, diantaranya kamar perawatan kelas III dari 460 menjadi 754 dan ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dari delapan menjadi 24 unit.

(R027/H-KWR)

Pewarta: Rr Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014