Diperkirakan penggenangan Waduk Jatibarang akan selesai akhir Juli 2014, kalau curah hujan tinggi bisa lebih cepat lagi sehingga sudah siap diresmikan pada Agustus mendatang.
Semarang (ANTARA News) - Waduk Jatibarang yang terletak di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, akan segera digenangi air sebelum diresmikan pada Agustus 2014 nanti.

"Rencananya, penggenangan Waduk Jatibarang akan mulai dilakukan pada 5 Mei 2014 bersamaan dengan kampanye kepedulian terhadap air," kata Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Jawa Tengah Prasetyo Budi Yuwono, di Semarang, Minggu.

Ia menjelaskan, penggenangan waduk yang berkapasitas 20,4 juta meter kubik dan melintasi Kelurahan Kandri, Kedungpane, Jatirejo, serta Jatibarang itu akan menggunakan air dari Sungai Kreo. Penggenangan Waduk Jatibarang yang dibangun sejak 2009 lalu, akan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

"Diperkirakan penggenangan Waduk Jatibarang akan selesai akhir Juli 2014, kalau curah hujan tinggi bisa lebih cepat lagi sehingga sudah siap diresmikan pada Agustus mendatang," ujarnya.

Ia mengungkapkan, setelah Waduk Jatibarang digenangi air hingga ketinggian maksimal akan langsung difungsikan sebagai penyedia air bersih dan air baku serta mengurangi debit banjir di Kota Semarang.

"Terkait dengan fungsi penyedia air bersih, Waduk Jatibarang akan sangat membantu PDAM dalam melayani jutaan pelanggan di Semarang," katanya.

Selain itu, kata dia, Waduk Jatibarang juga sangat penting untuk mengendalikan banjir di wilayah Semarang Barat karena fungsi waduk ini sebagai pengendali banjir melalui Sungai Kreo, Sungai Garang, dan Sungai Banjir Kanal Barat.

"Waduk Jatibarang juga akan dikembangkan menjadi objek pariwisata dengan dibangunnya zona taman satwa, wisata kebun buah, zona flora dan fauna, ekowisata Desa Talunkacang, wisata Goa Kreo, fasilitas gedung serba guna, camping ground, serta jogging track," ujarnya.

(KR-WSN/I007)

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014