Kami terpukul atas meninggalnya Bob kami tercinta"
London (ANTARA News) - Aktor asal Inggris Bob Hoskins, yang dikenal berkat perannya di film "Who Framed Roger Rabbit", meninggal dunia pada usia 71 tahun.

Sebuah pernyataan keluarga yang dirilis oleh agen Clair Dobbs mengatakan Hoskins meninggal di rumah sakit setelah serangan radang paru-paru, seperti dilansir USA Today.

Seorang aktor serbabisa berkarakter ini memiliki pesona dan ketajaman, dimana Hoskins muncul di beberapa film Inggris yang paling terkenal beberapa dekade terakhir, termasuk "The Long Good Friday".

Bintang film ini memenangkan penghargaan film Inggris Bafta dan pernah dicalonkan mendapat piala Oscar pada tahun 1987 lewat Klik film drama kejahatan Mona Lisa.

Terobosannya pada film Hollywood datang dari peran sebagai detektif yang menyelidiki kejahatan kartun di bagian-animasi 1988 berjudul "Who Framed Roger Rabbit". Dia juga memainkan bajak laut Smee di Steven Spielberg pada 1991.

Pada 2012 Hoskins mengumumkan bahwa ia didiagnosis menderita penyakit Parkinson dan pensiun dari akting.

Peran terakhirnya adalah sebagai salah satu dari tujuh kurcaci di Snow White & The Huntsman yang dibintangi Kristen Stewart.

"Kami terpukul atas meninggalnya Bob kami tercinta," kata sebuah pernyataan dari istrinya Linda dan anak-anaknya Alex, Sarah, Rosa dan Jack.

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014