Semarang (ANTARA News) - Tuan rumah PSIS berhasil memenuhi ambisinya meraih angka penuh setelah mengalahkan Persitema Temanggung 4-0 (3-0) pada lanjutan Kompetisi Sepak Bola Divisi Utama Liga Indonesia Grup 4 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Selasa petang.

Dengan hasil tersebut, tim berjuluk Mahesa Jenar ini untuk sementara memimpin klasemen grup 4 dengan nilai 15 karena dari lima kali pertandingan yang dimainkan belum pernah kalah maupun seri.

Pertandingan antara kedua tim yang disaksikan sekitar 9.000 penonton tersebut berlangsung berat sebelah mengingat pada menit kedua kapten tim Persitema Temanggung Deni Nurdiansyah mendapat kartu merah dari wasit Agus Fauzan karena dinilai melakukan pelanggaran terhadap wasit.

Sebenaranya kejadian tersebut bermula dari seorang pemain Persitema melakukan hands ball tetapi kapten tim Persitema tersebut melancarkan protes kepada wasit diikuti rekan-rekannya dan akhirnya terjadi dorong mendorong dan diduga Deni menanduk wasit sehingga sang pengadil mengeluarkan kartu merah kepada pemain yang bersangkutan.

Setelah itu tim tamu hanya tampil dengan 10 pemain tetapi ternyata masih menyulitkan pemain-pemain PSIS untuk mencetak gol karena tiga kali peluang yang dimiliki pemain PSIS masing-masing Ronald Fagundez dan dua kali oleh Franky Mahendra yang tinggal berhadapan dengan kiper tamu Roma Surya justru tendangannya terlalu tinggi.

Tuan rumah baru bisa mencetak gol pada menit ke-33 melalui penyerang asingnya Julio Alcorse setelah terjadi kemelut di depan gawang Persitema dan sekali sontekan gagal diantisipasi kiper Persitema.

Kemudian PSIS mencetak gol lagi menjadi 2-0 pada menit ke-37 melalui sundulan kepala Fauzan Fajri setelah menerima umpan silang dari Ronald Faugundez dan pada menit ke-42 kembali Fauzan mencetak gol ke gawang Persitema setelah tendangan bebas Fagundez gagal diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Persitema dan bola lepas akhirnya disundul oleh Fauzan.

Menjelang injury time babak pertama, Persitema harus kehilangan satu lagi pemainnya setelah Dian Maret mendapat kartu merah dari wasit setelah dua kali menerima kartu kuning sehingga mulai saat itu tim tamu hanya tampil dengan sembilan pemain.

Memasuki babak kedua, permainan tim tuan rumah menurun meskipun Persitema hanya tampil dengan sembilan pemain dan sepanjang babak kedua ini hanya mampu menambah satu gol melalui Boas Arturuti pada menit ke-53 melalui tendangan voli sehingga sampai akhir pertandingan kedudukan 4-0 untuk tuan rumah PSIS.

Wasit Agus Fauzan mengeluarkan kartu merah untuk Deni Nurdiansyah dan Dian Maret (Persitema) kemudian kartu kuning untuk Ediyanto (PSIS), serta Idrus Gunawan (Persitema).(*)
(H015/T007)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014