Bandung (ANTARA News) - Nomor balap sepeda trek akan dipertandingkan pada PON XIX/2016 setelah absen pada tiga kali penyelenggaraan pesta olahraga nasional itu.

"Nomor trek akan kembali dipertandingkan pada PON XIX/2016, rencananya digelar di Velodrom Munaif Saleh Kota Cimahi," kata Ketua Pengda Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jawa Barat H Ato Hermanto di sela-sela babak kualifikasi Porda Jabar 2014 di Kota Cimahi, Jabar, Kamis.

Ia menyebutkan, pada PON XIX/2016 akan mempertandingkan seluruh nomor olahraga pada setiap cabang olahraga, termasuk nomor trek sehingga pembinaan atlet tetap terjaga.

Menurut Ato, nomor trek merupakan salah satu nomor unggulan Indonesia pada berbagai event kejuaraan, sehingga akan kembali dipertandingkan pada ajang PON karena Jabar memiliki velodrom yang memungkinkan digelarnya nomor itu.

Namun demikian, belum dipastikan berapa nomor pertandingan yang aka digelar pada lintasan trek tersebut. Menurut dia, fasilitasnya siap untuk ajang sekaliber PON.

"Nomor yang dipertandingkan belum jelas, namun kemungkinan sprint dan jarak menengah. Kami masih melakukan konsultasi dengan PB ISSI," kata Ato.

Ia menyebutkan, awalnya Jabar akan membangun velodrom baru dengan lintasan dengan lapisan kayu, namun kemudian diputuskan untuk menggunakan fasilitas yang telah ada.

"Dulu Pak Gubernur berencana membangun velodrom baru, namun lahannya sulit diperoleh sehingga diputuskan memperbaiki fasilitas yang ada di Cisangkan ini," kata Ato.

Ketua ISSI Jabar itu menyebutkan pada PON XIX/2016 pihaknya mempertandingkan 24 nomor, namun kemudian dikurangi menjadi 21 nomor pertandingan.

"Nomor yang dipertandingkan pada PON Riau masih dipertahankan, nanti ditambah nomor trek," katanya.

Sedangkan untuk fasilitas nomor individual dan team time trial, lomba digelar di Lintasan Jalur Akses Stadion Gelora Bandung Lautan Api atau di kawasan Bumi Parahyangan.

"Untuk ITT dan TTT ada dua alternatif, di Gedebage dan di Bumi Parahyangan, serta BMX di Cimahi. Sedangkan untuk MTB di Cikole Lembang," kata Ato.

Sementara itu pada babak kualifikasi Porda Jabar 2014, cabang balap sepeda, Kabupaten Ciamis berhasil meraih juara umum dengan mendulang sembilan emas, lima perak dan dua perunggu. Tim Kota Manis itu mengalahkan Kabupaten Bogor yang hanya meraih tiga emas, dua perak dan empat perunggu. Sementara Kota Bandung di peringkat ketiga dengan meraih tiga emas dan dua perak.

(S033/I007)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014