Sekitar 13.936 personel akan mengikuti latihan Lapangan, sementara 1.172 personel akan mengikuti latihan Posko
Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 15.108 personel TNI akan mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) yang dilaksanakan pada 19 Mei--24 Mei 2014 untuk Geladi Posko, dan pada 1 Juni--5 Juni 2014 untuk Geladi Lapangan di wilayah Selatan Sumatera dan Jawa.

"Sekitar 13.936 personel akan mengikuti latihan Lapangan, sementara 1.172 personel akan mengikuti latihan Posko," kata Direktur Latihan Operasi Gabungan, Letjen TNI Lodewijk F Paulus, di Skuadron 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin.

Lodewijk menjelaskan, TNI akan memainkan suatu operasi gabungan. Diskenariokan, ada suatu negara yang punya satu pangkalan yang merencanakan untuk menyerang Indonesia melalui dua poros besar, yakni Sumatera dan Pulau Jawa.

"Latihan ini diasumsikan seperti itu. Kami sudah skenariokan terhadap musuh yang berhasil mendarat di komplek Asem Bagus," kata Lodewijk.

Dalam Latgab, menurutnya, sekaligus juga untuk mewujudkan tingkat kesiapsiagaan operasional satuan TNI yang tinggi. Oleh sebab itu diperlukan pembinaan dan penyiapan kekuatan satuan TNI berdasarkan analisa perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis.

Sementara itu Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengatakan, latihan salah satu sarana memelihara sinergitas dua angkatan atau lebih dalam taktis dan teknis dan uji doktrin, dan tingkatkan daya tempur satuan dan ciptakan daya gentar dari ancaman.

Dijelaskan Panglima, dalam Latgab yang mengangkat tema Komando Gabungan (Kogab) TNI melaksanakan kampanye militer di wilayah mandala perang dalam rangka OMP guna menjaga kedaulatan NKRI, juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas prajurit TNI dan satuan dalam operasi gabungan TNI untuk mewujudkan kesiapsiagaan prajurit.

Menurut dia, Latgab bersasaran untuk membangun dan mensinergikan kemampuan dan kekuatan antar matra, guna menjamin efektivitas dan efisiensi operasional komando tugas gabungan yang sewaktu-waktu dibentuk dalam menghadapi kontijensi.

Metode latihan yang digunakan yaitu Geladi Posko pada tanggal 19-- 24 Mei 2014 di PMPP TNI Sentul Bogor dan Geladi Lapangan 1--5 Juni 2014 yang dilaksanakan secara berangkai dengan materi Kampanye Militer di daerah latihan di wilayah Asem Bagus Situbondo Jawa Timur, Kawasan Samudra Hindia Bagian Selatan dan Bali.

"Rencananya Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyaksikan secara langsung Latgab tersebut di Jawa Timur," kata Panglima TNI. (*)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014