New Delhi (ANTARA News) - Tunggal pertama Indonesia Tommy Sugiarto kembali gagal menyumbang angka pembuka bagi timnya, setelah menyerah kepada pemain nomor satu dunia dari Malaysia Lee Chong Wei di semifinal kejuaraan bulutangkis beregu putra Piala Thomas di New Delhi, India, Jumat.

Kekalahan ini merupakan yang ketiga kalinya berturut-turut dialami Tommy sebagai tunggal pertama di Piala Thomas 2014 tersebut.

Sebelumnya di penyisihan grup ia dikalahkan Boonsak Ponsana dari Thailand, kemudian di perempat final menyerah kepada Son Wan Ho dari Korea.

Tommy dapat mengimbangi pemain nomor satu dunia itu pada game pertama dengan penempatan bola yang akurat dan bisa unggul 11-6.

Namun selanjutnya Lee Chong Wei tampak tidak mau didikte oleh pemain Indonesia itu dan mulai dapat mengejar sehingga skor berjalan ketat 16-16.

Tommy mencoba melancarkan smes-smes tajam namun lebih sering dapat diantisipasi oleh Chong Wei yang menutup game pertama 21-19.

Game kedua juga berlangsung seimbang pada awal pertandingan. Namun pada separuh game kedua Chong Wei dapat menunjukkan kelasnya dapat meraih kemenangan 21- 13.

Partai berikutnya dalam semifinal Malaysia - Indonesia adalah ganda putra Boon Heong Tan/Tien How Hoon melawan Hendra Setiawan/M Ahsan, kemudian tunggal kedua Chong Wei Feng melawan D. Hayom Rumbaka.

Selanjutnya Ryan AV Shem Goh/Tan Wee Kiong ditantang pasangan nomor dua Indonesia Ryan Agung/Angga Pratama, sementara Simon Santoso akan tampil melawan Daren Liew jika kedudukan imbang 2-2.

Arena Siri Fort, tempat berlangsungnya semifinal Piala Thomas dan Uber, Jumat malam cukup meraih dengan sorakan penonton.

Bukan hanya pendukung Malaysia dan Indonesia, namun utamanya juga ribuan suporter tuan rumah India yang ingin menyaksikan penampilan Saina Nehwal dan timnya melawan Jepang di Piala Uber.

Saina Nehwal memberi angka pertama bagi India setelah mengalahkan tunggal utama Jepang Minatsu Mitani 21-12, 21-13.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014