Jakarta (ANTARA News) - Samsung Electronic Co sedang membuat sebuah alat yang sudah lama dimimpikan pada pecinta teknologi, dengan rencana menunjukkan sebuah jam pintar yang bisa bekerja sendiri sebagai telepon pada beberapa bulan kedepan.

Menurut sebuah sumber yang akrab dengan rencana perusahaan seperti dikutip laman The Wall Street Journal, jam sekaligus telepon Samsung jnj akan bisa membuat dan menerima telepon tanpa harus disambungkan ke sebuah telepon genggam.

Ini adalah sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh jam pintar yang kini banyak beredar di pasaran. Jam ini juga mampu mengambil gambar, mengirim surel (email), dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS), Bluetooth dan monitor detak jantung sehingga serupa dengan alat canggih milik mata-mata terkenal, James Bond di film For Your Eyes Only.

Raksasa asal Korea Selatan ini, baru-baru ini menjadi top seller dari telepon pintar, sedang melakukan pembicaraan dengan perusahaan telekomunikasi di Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Eropa tentang jam telepon yang diharapkan keluar pada Juni atau Juli 2014. Jam ini akan menggunakan sistem operasi Samsung, Tizen yang dikembangkan dengan I tel Corp.

Orang-orang menolak untuk menyebutkan nama yang akan digunakan untuk memanggil jam ini, serta perihal apakah pengguna harus menaruh jam tersebut didepan mulut saat menerima telepon.

Komunikator pergelangan tangan sudah menjadi mimpi pokok dari pop-kultur sejak tahu  1940-an, ketika tokoh detektif dari buku komik Dick Tracy mulai menggunakan radio komunikasi di pergelangan tangan.

Kegilaan perihal gadget yang bisa dipakai telah menghembuskan iklan hidup menjadi alat komunikasi pergelangan tangan dengan perusahaan mulai dari Google Inc hingga ZTE Corp. merencanakan jam pintar. Apple Inc., rival terdekat Samsung di segmen telepon pintar juga diharapkan meluncurkan jam pintar tahun ini. (dny)





Penerjemah: Deny Yuliansari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014