Paris (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin Kamis mengadakan tatap muka pertama dengan pemimpin Barat sejak meletusnya krisis Ukraina ketika ia bertemu dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron di Paris.

Pertemuan di daerah pabean bandara ibu kota Prancis Charles de Gaulle Kamis malam itu terjadi setelah Cameron menghadiri pertemuan para pemimpin G7 yang mengeluarkan peringatan, bahwa Rusia menghadapi sanksi lebih lanjut jika tidak berhenti mencampuri urusan tetangga selatan itu.

Putin dijadwalkan bertemu Kamis dengan Presiden Prancis Francois Hollande sebelum menghadiri upacara Jumat di Normandia untuk peringatan ke-70 D-Day.

Putin juga akan bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel Jumat sebelum upacara peringatan.

Tidak ada pertemuan resmi dijadwalkan dengan Presiden AS Barack Obama, tetapi AS mengisyaratkan bahwa ia mungkin akan melakukan semacam pertukaran pendapat dengan timpalannya dari Rusia.

"Saya tidak ragu bahwa saya akan bertemu Putin," kata Obama dalam pembicaraan G7 di Brussels.

"Kita berkesempatan untuk berbicara dan saya akan menyampaikan pesan yang sama seperti yang telah saya sampaikan mengenai krisis ini.

"Jika provokasi Rusia terus berlangsung, itu jelas diskusi kami negara-negara G7 di sini siap untuk membebankan biaya tambahan."

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014