petenis Rumania ini berhasil mendikte lawannya seperti dalang memegang wayang.
Jakarta (ANTARA News) - Petenis asal Rumania, Simona Halep, melaju ke babak final tunggal putri kejuaraan grand slam Prancis Terbuka setelah di semi final menumbangkan petenis Jerman, Andrea Petkovic.

Simona Halep melaju dengan mulus ke final turnamen grand slam pertama dalam karirnya dengan menang straight set 6-2, 7-5 dalam waktu 89 menit, di Paris, Jumat.

Petenis unggulan ke-4 turnamen, bermain efisien dalam berlari dan menunjukkan tekadnya untuk mengalahkan petenis unggulan 28 itu.

Halep yang pernah menjuarai kejuaraan junior di Roland Garros ini, melaju hingga babak final hanya kehilangan 22 game. Ia memiliki pukulan stroke dan penampilan apiknya semakin berkembang dalam setiap pertandingan.

Pertandingan semi final dimulai di siang yang cerah setelah pertandingan semi final antara dua petenis berambut pirang, Maria Sharapova melawan Eugenie Bouchard.

Halep membuka pertandingan dengan mematahkan servis lawan untuk unggul 30 lawan 15, kemudian pukulan menyilang petenis Rumania ini berhasil mendikte permainan lawannya seperti dalang memegang wayang.

Setiap Petkovic berusaha meningkatkan intensitas permainan, Halep siap merespon. Petenis Jerman berhasil tunduk di set pertama ditutup melalui servis game sempurna dari Halep dan memperoleh dua servis ace.

Pada set kedua, Petkovic berusaha membuat kontes lebih menarik, dengan mematahkan servis game Halep untuk unggul 3-1, namun Halep merespon dengan mematahkan servis game Petkovic berikutnya.

Halep yang memiliki kemampuan pukulan seperti juara Prancis Terbuka empat kali asal Belgia, Justin Henin. Pukulan forehand ke arah sisi sayap lapangan, dengan pukulan yang lebar mendatar dan akurat.

Kemudian saat dia tidak mendapatkan pukulan backhand atau backhand slice, dia memiliki ketenangan dan kecerdasan di lapangan seperti Justin Henin. Demikian diberitakan laman resmi Roland Garros.

Halep berhasil memaksa tie break untuk pertama kali baginya di turnamen kali ini. Kemudian pukulan double fault Petkovic, sementara Halep kembali memainkan sudut pukulan dan mendikte permainan dengan pukulan reli dan menyilang untuk mendapatkan poin kemenangan.

Simona Halep akan menghadapi petenis Rusia, Maria Sharapova, di final tunggal putri, turnamen tanah liat Prancis Terbuka. Berikut ini "head-to-head" pertandingan final tunggal putri Prancis Terbuka 2014 yang berlangsung Sabtu. Demikian diberitakan AFP.


Angka pada awal nama merupakan petenis unggulan.


Simona Halep (Romania x4) V Maria Sharapova (Rusia x7)


Sharapova unggul 3-0

2012 Indian Wells R32 lapangan keras Sharapova 6-3, 6-4

2012 Beijing R64 lapangan keras Sharapova 7-5, 7-5

2014 Madrid F lapangan tanah liat  Sharapova 1-6, 6-2, 6-3.

(A008/A011)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014