... fotografi salah satu media bertutur secara baik. Melalui foto, seorang fotografer dapat bertutur tentang banyak hal... "
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama komunitas fotografi Indonesia kembali menggelar Lomba dan Pameran Foto Indonesia (LPFI) 2014, memperebutkan Piala Presiden dengan hadiah total Rp375 juta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Pangestu, di Jakarta, Kamis, mengatakan, LPFI 2014 kali ini mengangkat tema Indonesia Bersatu dalam Keragaman

Ini merupakan kali kelima gelaran lomba foto akbar ini dilaksanakan mengisi rangkaian peringatan hari jadi Indonesia, serta mendorong perkembangan fotografi Indonesia.

"Lomba yang dibuka sejak 20 April 2014 dan akan ditutup pukul 24.00 WIB 20 Juni 2014 sebagai batas terakhir pengiriman foto ini. Diharapkan semakin diminati masyarakat sehingga target jumlah foto yang masuk ke panitia makin meningkat," kata Pangestu.

Menurut dia melancong (travelling) dan fotografi saling terkait, mendukung, dan menguatkan. 

"Fotografi satu di antara 15 subsektor ekonomi kreatif sebenarnya mudah dipelajari, dan fotografi satu media bertutur yang baik. Melalui foto, seorang fotografer dapat bertutur banyak hal. Sering kali, fotografi yang baik dapat menggugah perasaan dibandingkan tulisan semata," kata dia. 

Dewan jurinya Agatha Anne Bunanta (fotografer, juri internasional, Jakarta), John Tefon (fotografer, ahli editing foto), Jerry Aurum (fotografer profesional), Ebby Febri Adrian (fotografer bentang alam), dan Irma Chantily (sejarah fotografi/dosen IKJ). 

Apa syarat teknis LPFI 2014 ini? 

Di antaranya, seorang fotografer peserta boleh mengirimkan maksimal tujuh karya sesuai daerahnya guna menunjukkan karakteristik keragaman Indonesia, dengan masyarakatnya yang ramah dan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan wilayah Indonesia.

LPFI merupakan satu-satunya kontes foto di Indonesia yang menerapkan pengiriman foto berdasarkan domisili provinsi peserta. 

Informasi mengenai ketentuan, tata cara, penilaian dan pengiriman foto pada kegiatan LPFI 2014 dapat diakses pada situs www.fotografiindonesia.net atau email info@fotografiindonesia.net.

Juga di Sekretariat Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2014, d/a Direktorat Pengembangan Seni Rupa, Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gedung Film, Jalan MT Haryono Kavling 47-48, Jakarta 12770.

Adapun hadiahnya: Rp40 juta untuk juara 1 kategori pelajar, Rp50 juta juara 1 kategori mahasiswa, dan Rp60 juta bagi juara 1 kategori umum. Itu baru sebagian dari seluruh hadiah dan penghargaan yang disiapkan panitia pelaksana. 

Pada tahun ini, sistem pengiriman karya menggunakan micrositek khusus kontes foto secara online untuk mempermudah pengumpulan foto peserta.

Tahun lalu, ada 5.842 fotografer peserta dengan 20.981 foto karya.

Pada 2013, kontribusi subsektor film, video, dan fotografi terhadap perekonomian nasional sebanyak Rp8,401 triliun atau 1,3 persen dari total kontribusi sektor ekonomi kreatif sebesar Rp641,815 triliun.

Sementara tenaga kerja yang tercipta sebanyak 63.755 orang atau 0,54 persen dari total tenaga kerja sektor ekonomi kreatif sebanyak 11,87 juta orang.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014