Tokyo (ANTARA News) - Hampir separuh penduduk ibukota Jepang ini menonton pertandingan pembuka negerinya pada Piala Dunia melawan Pantai Gading, sebut Video Research Ltd seperti dikutip AFP.

Kira-kira 8,4 juta rumah tangga di wilayah Kanto yang di dalamnya termasuk Tokyo, menonton pertandingan yang membuat Jepang kalah 2-1 di Brasil itu.

Total penduduk negeri tersebut yang menonton laga tersebut belum didata namun 42,6 persen rumah tangga di area Kanto menonton babak pertama pertandingan itu di mana Jepang memimpin 1-0 berkat gol Keisuke Honda.

Jumlah itu bertambah menjadi 46,6 persen pada babak kedua ketika dua gol cepat dari Pantai Gading telah menaklukkan Jepang.

Data yang ditunjukkan stasiun penyiaran nasional NHK dari pukul 10 pagi Minggu waktu setempat menyebutkan rating penonton mencapai puncak 50,8 persen.

Laga pembuka Jepang pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan yang berkesudahan 1-0 untuk Jepang melawan Kamerun yang disiarkan pukul 11 malam waktu setempat, menarik 45 persen pemirsa televisi.

Rekor tertinggi adalah 66,1 persen yang terjadi di Kanto pada Piala Dunia 2002 ketika tuan rumah Jepang menghantam Rusia 1-0.


Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014