Kami punya komitmen untuk mengurangi emisi 26, salah satu kontribusninya dari hutan, dan hutan itu berkontribusi paling besar,"
Jakarta (ANTARA News) - Penggunaan conwood atau produk pengganti kayu berkontribusi untuk mengurangi emisi di Indonesia yang berasal dari hutan sebagai salah satu komitmen pemerintah.

"Kami punya komitmen untuk mengurangi emisi 26, salah satu kontribusninya dari hutan, dan hutan itu berkontribusi paling besar," ujar Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Harjanto di Bekasi, Jabar, Kamis.

Harjanto mengatakan, untuk mendorong pembangunan ekonomi dan infrastruktur, maka membutuhkan sumber daya, yang salah satunya berasal dari kayu.

Sedangkan, lanjut Harjanto, kayu yang digunakan berasal dari hutan, artinya penggunaan hutan tersebut tidak sejalan dengan pengurangan emisi.

"Jadi, penggunaan produk alternatif pengganti kayu dapat menekan penggunaan kayu, sehingga penebangan hutan dapat dikurangi dan komitmen mengurangi emisi dapat terwujud," kata Harjanto.

Produk conwood terbuat dari campuran 70 persen semen dan 30 persen fibre cellulose yang dihasilkan melalui proses dan material yang ramah lingkungan, 100 persen bebas asbes sehingga aman digunakan.

Produk tersebut dapat digunakan di berbagai aplikasi seperti aplikasi lisplank dan plafon, aplikasi dinding, aplikasi lantai dan aplikasi dekoratif lainnya baik di rumah tinggal, hotel, villa dan area komersial.(*)

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014