Jakarta (ANTARA News) - Belanda mengakhiri babak penyisihan grup dengan poin sempurna, sembilan, setelah memenangkan laga pamungkas di Grup B dengan skor 2-0 atas Chile.

Dengan memenangi seluruhnya tiga pertandingan tanpa terkalahkan, berarti Belanda menjadi tim Piala Dunia 2014 pertama yang lolos memimpin grup dengan poin sempurna.

Dalam hal mencetak gol, sejauh ini Belanda juga masih paling produktif dengan memasukkan 10 gol ke gawang lawan, dan hanya kemasukan tiga gol saja.

The Oranje yang sudah memastikan tempat pada babak 16 besar, pada pertandingan berikutnya akan menghadapi runner up Grup A yang kemungkinan Brasil, Meksiko, atau Kroasia pada 29 Juni mendatang.

Tim-tim lain yang berpeluang untuk mengikuti Belanda, menjuarai grup tanpa kalah adalah Brasil (Grup A), Kolombia (Grup C), Kosta Rika (Grup D), Prancis (Grup E), Argentina (Grup F), Jerman (Grup G), dan Belgia (Grup H).

Namun, hanya Kolombia, Kosta Rika, Prancis, Argentina, dan Belgia yang masih mungkin untuk memenangi seluruhnya tiga laga grup tanpa hasil imbang (draw), sementara Brasil dan Jerman pernah bermain imbang masing-masing satu kali, demikian mengutip data FIFA. 

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014