Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT Telkomsel menargetkan jumlah pelanggan yang menggunakan layanan T-Cash (Telkomsel Cash) pada akhir tahun 2014 mencapai sekitar 30 juta orang, atau melonjak dari saat ini sekitar 15 juta pelanggan.

"Target lonjakan pengguna T-Cash sejalan dengan upaya pengembangan fitur layanan dan memperbanyak mitra, serta sosialisasi penggunaan uang elektronik (e-money)," kata VP Digital Payment and Mobile Banking Telkomsel R. Andi K. Utomo di sela kerja sama Telkomsel-Asuransi Cigna di Jakarta, Selasa.

T-Cash merupakan layanan yang memungkinkan pelanggan melakukan transaksi menggunakan ponsel berupa pembelian barang melalui toko, situs internet, pembayaran tagihan, serta pembelian dan pengiriman pulsa yang kapan dan di mana saja hanya dengan ponsel.

"Sejak diluncurkan pada bulan Januari 2007 jumlah pengguna Pengguna layanan T-Cash masih relatif kecil sekitar 15 juta pelanggan, atau hanya sekitar 10 persen dari total pelanggan Telkomsel yang saat ini mencapai sekitar 135 juta nomor. Harus terus digenjot," tegasnya.

"Butuh waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat dari yang biasa menggunakan uang tunai, beralih ke sistem pembayaran dengan kartu, terus kemudian diarahkan bertransaksi secara mobile (bergerak) melalui ponsel," ujarnya.

Meski begitu, kata Andi, bukan berarti bisnis ini tidak potensial. Namun, harus mencari terobosan dengan membangun "awareness", memperbaiki produknya dengan aplikasi konten, menambah jumlah merchant, hingga memilih teknologi yang digunakan.

Salah satu terobosan Telkomsel dalam mengembangkan layanan T-Cash adalah bekerja sama dengan Asuransi Cigna, memberikan perlindungan asuransi kelakaan kepada lebih dari 135 juta pelanggan Telkomsel selama Ramadan hingga Lebaran 2014.

Cukup melakukan registrasi T-CASH menghubungi *828*1#, pelanggan Telkomsel akan mendapat gratis asuransi kecelakaan Cigna senilai Rp15 juta dengan masa pertanggungan 60 hari sejak registrasi atau mengirimkan data pribadi melalui SMS ke 2828. Selain juga dapat membeli premi melalui T-Cash

"Kerja sama dengan Cigna ini diharapkan agar pelanggan Telkomsel tetap merasa aman dan terlindungi selama perjalan mudik ke kampung halaman," ujar Andi.

Sementara itu, Deputy CEO Asuransi Cigna, Julian Mengual, pengembangan produk dengan Telkomsel dalam memberikan asuransi didasarkan pada kebutuhan pelanggan yang memiliki budaya serta kebiasaan mudik saat Ramadan.
(R017/D007)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014