Jakarta (ANTARA News) - Gol semata wayang dari sundulan bek Mats Hummels mengantarkan Jerman ke semifinal Piala Dunia 2014 setelah gol itu mengakhiri perlawanan Prancis 1-0 pada laga perempat final pertama Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana malam ini.

Gol kedua Hummels pada turnamen ini tercipta pada menit 13 dan didahului oleh pelanggaran Paul Pogba terhadap Toni Kroos jauh dari luar kotak penalti Prancis.

Kroos lalu mengeksekusi tendangan bebas dengan sepakan melengkung yang disambut lompatan Hummels yang melewati Raphael Varane untuk menghujamkan bola ke sudut kanan gawang Prancis yang tak bisa dihalau kiper Hugo Lloris.

Untuk pertama kalinya dalam 20 laga terakhirnya Prancis kebobolan pada babak pertama.

Prancis nyaris menyamakan kedudukan pada menit 34 ketika kerjasama tiga pemain nyaris berbuah gol.

Raphael Varane melepaskan umpan jauh yang diterima dengan baik oleh Antoine Griezmann. Griezmann lalu membawa bola ke sisi kiri pertahanan Jerman untuk melepaskan umpan silang yang membentur kaki bek Jerman untuk sampai ke kaki Mathieu Valbuena untuk langsung ditendangnya namun  tepat dihadang kiper Jerman Manuel Neuer.

Bola masih jatuh ke kaki Benzema namun sontekannya malah mengenai kaki Bastian Schweinsteiger untuk menciptakan tendangan penjuru.

Setelah itu Benzema berusaha beberapa kali menciptakan gol tapi berhasil, termasuk saat memanfaatkan umpan jauh dari Patrice Evra namun Hummels datang menghadang sebelum sampai kepada Neuer.  Semenit kemudian tendangan dia dijinakkan Neuer.

Memasuki babak kedua, pada menit 56 kerjasama Benzema dan Matuidi dimentahkan Hummels. Delapan menit setelah ituValbuena mengumpan Blaise Matuidi untuk diteruskan kepada Benzema namun dihadang Schweinsteiger.

Dua menit dari situ sebuah tendangan bebas Valbuena yang disambut sundulan keras Varane dilok Neuer sehingga untuk kesekian kalinya Prancis gagal menciptakan gol.

Pada menit 69 Jerman memasukkan Andre Schurrle untuk menggantikan Miroslav Klose, sedangkan Prancis memasukkan Laurent Koscielny yang menggantikan Mamadou Sakho.  Semenit kemudian Loic Remy dimasukkan untuk menggantikan Yohan Cabaye.  

Didier Deschamps menumpuk penyerangnya untuk menciptakan gol tapi gagal, sebaliknya pada menit 74 Andre Schurrle hampir menciptakan gol namun sukses dihalau kiper Hugo Lloris.

Pada menit 76 Benzema melakukan upaya lain, namun kembali dihadang Hummels, sedangkan sepakan Matuidi diblok Neuer. Pada menit 82 giliran Schurrle mengancam namun Lloris sigap mementalkannya.

Benzema kembali mengancam gawang Jerman pada menit-menit terakhir, tetapi untuk kesekian kalinya Manuel Neuer menunjukkan ketangguhannnya.

Kedudukan tetap 1-0 sampai pertandingan ini selesai, dan untuk keempat kalinya berturut-turut Jerman lolos ke semifinal Piala Dunia.

Jerman akan menghadapi pemenang Brasil melawan Kolombia yang baru bertanding sekitar dua jam kemudian.

Susunan pemain
Prancis:
Hugo Llorisl; Mathieu Debuchy, Patrice Evrà, Raphaël Varane, Mamadou Sakho (Laurent Koscielny); Yohan Cabaye (Loic Remy), Blaise Matuidi, Paul Pogba; Mathieu Valbuena (Olivier Giroud), Karim Benzema, Antoine Griezmann

Jerman: Manuel Neuer; Benedikt Höwedes, Mats Hummels, Philipp Lahm, Jérome Boateng; Sami Khedira, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos (Cristoph Kramer); Mesut Özil (Mario Goetze), Miroslav Klose (Andre Schurrle), Thomas Müller




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014