Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro memastikan Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 akan berlangsung aman dan lancar tanpa ada kendala seperti yang dikhawatirkan selama ini.

Ia menjamin keamanan proses pemilu sebab menurutnya aparat keamanan sudah bekerja maksimal dalam mengamankan jalannya pemilu.

"Pemilu akan berlangsung aman sebab aparat keamanan sudah disiagakan penuh," ujar Purnomo usai melakukan pencoblosan di TPS 01 komplek perumahan menteri, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Rabu.

Purnomo menuturkan bahwa sebelum dilaksanakannya Pilpres, dirinya dan pihak-pihak terkait sudah melakukan sejumlah konsolidasi guna mengamankan jalannya Pilpres.

Ia juga menyebut salah satu rapat konsolidasi yang dilaksanakan di Kemenkopolhukam, bahkan ada pula rapat yang dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Saat ditanya mengenai pernyataan Panglima TNI Jenderal Moeldoko yang menginstruksikan untuk tembak di tempat pengacau pemilu, Purnomo menyatakan sependapat.

"Pokoknya siapapun yang mengganggu pemilu, saya udah setujui dan mendukung (tindakan aparat)," tegasnya.

Purnomo mendatangi TPS 01 di wilayah Kelurahan Senayan dengan mengenakan kemeja batik lengan pendek berwarna cokelat. Ia didampingi istri dan keluarganya saat melakukan pemungutan suara.

Pilpres 9 Juli diikuti dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yakni Prabowo Subianto - Hatta Rajasa dengan nomor urut satu dan Joko Widodo - Jusuf Kalla dengan nomor urut dua.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky Putra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014