Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Kereta Api Indonesia berencana menata area di bawah rel kereta layang di Ibu Kota. 

"Kawasan di bawah rel-rel layang kereta api saat ini terlihat kumuh dan sering dimanfaatkan sebagai tempat tinggal oleh para pemulung. Makanya, harus kita tertibkan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Penertiban dan pembersihan area kolong rel kereta, menurut dia, akan mulai dilakukan usai perayaan Idul Fitri tahun ini.

"Nantinya, area tersebut bisa kita manfaatkan sebagai lokasi berdagang untuk para pedagang kaki lima dan sebagainya," ujar Basuki.

Kepala Dinas Tata Ruang DKI Jakarta Gamal Sinurat mengatakan, selanjutnya jalan-jalan di bawah rel-rel layang kereta juga akan diperbaiki. 

"Di bawah rel layang kereta api itu juga rencananya akan dibuatkan taman sekaligus sarana rekreasi dan olahraga. Pokonya, dijadikan sebagai ruang terbuka hijau," tutur Gamal.

Ia menambahkan, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Kereta Api Indonesia belum menentukan waktu pasti pelaksanaan penertiban area kolong rel tersebut.

"Bersama dengan PT KAI, nanti kita akan bagi-bagi tugas terkait penertiban tersebut, sesuai dengan kewenangannya masing-masing. Sebelumnya, kita susun dulu perjanjian kerja samanya," kata Gamal.

Pewarta: Rr.Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014