Permainan di Spanyol lebih mengenai teknik, dan bagaimana lebih banyak menyentuh bola. Itulah mengapa saya sangat menyukainya."
Madrid (ANTARA News) - Real Madrid pada Selasa merekrut penyerang Kolombia James Rodriguez, pencetak gol terbanyak di Piala Dunia, dari AS Monaco dengan kontrak berdurasi enam tahun.

Kedua tim tidak menginformasikan mengenai besaran nilai transfer, namun media Spanyol melaporkan jumlah itu senilai antara 75 juta euro sampai 80 juta euro, yang membuat dirinya menjadi salah satu pemain termahal sepanjang sejarah, lapor AFP.

Rodriguez (23) mencetak enam gol untuk Kolombia di Piala Dunia, untuk membuatnya memenangi penghargaan Sepatu Emas.

Ia akan diperkenalkan di markas Real Madrid Santiago Bernabeu pada pukul 8.00 malam waktu setempat (18.00 GMT), demikian pernyataan klub.

Tidak lama sebelum pengumuman, Rodriguez difoto dan memberi pose mengacungkan ibu jari saat ia meninggalkan klinik Madrid, di mana ia menjalani pemeriksaan medis.

"Saya sangat gembira. Kita akan berbicara nanti," ucapnya kepada para pewarta.

Penyerang Kolombia itu merupakan rekrutan utama kedua Real dalam lima hari, ketika mereka menyongsong musim baru untuk menghadapi rival abadi Barcelona.

Gelandang Jerman Toni Kroos pindah dari Bayern Munich pada Kamis, hanya beberapa hari setelah pemain 23 tahun itu membantu Jerman menjuarai Piala Dunia.

Real juga dikait-kaitkan dengan langkah merekrut Keylor Navas, kiper yang tampil heroik untuk membantu Kosta Rika mencapai perempat final Piala Dunia. Navas bermain untuk Levante di divisi pertama Spanyol.

Rodriguez baru memperkuat Monaco selama setahun namun penampilan menawannya di Piala Dunia menjadikan dirinya menjadi target nomor satu bagi banyak klub Eropa.

Pada jajak pendapat FIFA.com yang dirilis pada Senin, sepakan volinya ke gawang Uruguay pada putaran 16 besar dinyatakan sebagai gol terbaik di Piala Dunia oleh lebih dari empat juta pemilih - tiga perempat dari para pemilih yang berpartisipasi.

Monaco membayar 45 juta euro ketika merekrutnya dari klub Portugal FC Porto.

Harian olahraga Spanyol Marca, yang memiliki ikatan dekat dengan dewan Real Madrid mengatakan Real akan membayar 75 juta euro dan menambahi lima juta euro untuk berbagai syarat tambahan.

Jika dikonfirmasi, jumlah itu akan membuat Rodriguez menjadi pemain termahal peringkat keempat sepanjang sejarah di bawah Gareth Bale, Cristiano Ronaldo (keduanya bermain di Real Madrid) dan Luis Suarez yang dibeli Barcelona pada bulan ini.

Rodriguez berangkat ke Piala Dunia sebagai penyerang terpopuler Kolombia peringkat kedua.

Namun Radamel Falcao mendapat cedera pada Januari, yang membuat peran sebagai bintang jatuh ke rekan setimnya di Monaco ketika Kolombia mencapai putaran 16 besar untuk pertama kalinya.

Pelatih Uruguay Oscar Tabarez membandingkan Rodriguez dengan dua legenda Argentina Diego Maradona dan Lionel Messi, "pemain-pemain yang sukses melakukan berbagai hal karena mereka istimewa."

Pemain Kolombia itu sudah sejak lama menjelaskan bahwa dirinya berhasrat bermain di Liga Spanyol.

"Liga Spanyol merupakan liga yang selalu saya amati - itu berbeda dari Liga Utama Inggris, yang sangat mengandalkan fisik," ucapnya kepada FIFA.com pada wawancara yang dilakukan pada November.

"Permainan di Spanyol lebih mengenai teknik, dan bagaimana lebih banyak menyentuh bola. Itulah mengapa saya sangat menyukainya."

Rodriguez memulai kariernya pada usia 16 tahun untuk klub divisi kedua Kolombia Envigado FC, dan segera membangun reputasi cemerlang.

Pada 2008, ia direkrut oleh klub Argentina Atletico Banfield, di mana ia populer dengan julukan "James Bond dari Banfield," setelah mencetak gol spektakuler dengan sepakan lob kaki kiri pada Februari 2010.

Ia pindah ke FC Porto di Portugal, di mana gol-gol istimewanya membawa tiga gelar liga dalam tiga musim. Monaco membelinya pada Mei 2013.

Rodriguez bangga dengan julukan "El Pibe Nueva" (Si Anak Baru), yang menjadi suksesor Carlos Valderrama, bintang Kolombia pada era 1990-an, yang dijuluki "El Pibe."

"Merupakan kebanggaan untuk dinilai sebagai pewaris El Pibe di usia saya," ucapnya kepada FIFA.com.

"Sejak saya masih kecil, saya mengagumi Valderrama dan saya selalu ingin menjadi seperti dia. Ia merupakan pahlawan saya dan saya bangga untuk mengenakan nomor (punggung) 10 untuk Kolombia, sambil membantu tim nasional kembali ke Piala Dunia."


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014