Jakarta (ANTARA News) - PT. Jakarta International Expo (JIExpo) menggelar ajang balap sepeda bagi remaja pertama di Indonesia bertajuk " JIExpo Cycling Student Challenge" pada 9-10 Agustus demi mencari bibit baru pembalap sepeda muda.

"Masih belum banyak atlit yang muda-muda, kita perlu cari bibit-bibit baru. Di samping itu ini juga menjadi kesempatan bagus bagi tidak hanya anak-anak, tetapi orang-orang yang hadir, kalau ada harapan ingin jadi pebalap, ada beberapa pihak yang membina mereka," ujar ketua penyelenggara sekaligus Direktur PTJIExpo, Prajna Murdaya, kepada ANTARA News, di Kawasan JIExpo Kemayoran, Sabtu.

Prajna mengatakan ajang lomba balap ini mempertandingkan empat kategori jenis sepeda yakni MTB, Mini Bike, Road Bike dan Fixie.

Empat kategori sepeda ini dibagi menjadi 13 kategori pertandingan dan empat kategori tambahan sebagai kategori hiburan.

Ke-13 kategori pertandingan diperuntukan untuk anak-anak berusia 11-18 tahun, sementara empat kategori lain, yakni Baby Fun Ride, Kids Fun Ride serta VIP Ride, diperuntukan diperuntukan untuk kelas anak-anak balita

Prajna mengungkapkan, setiap kategori akan menempuh jalur lintasan sepanjang 1,5 kilometer untuk setiap lap.

Soal peraturan, pihaknya mengadopsi peraturan balap sepeda yang dipakai United Cycling International (UCI) serta Ikatan Sepeda Sport Seluruh Indonesia (ISSI) sebagai acuan penyelenggaraan.

Ajang balap sepeda ini menggunakan tiga konsep berbeda dari ajang balap lainnya, yakni mencakup lingkungan, olahraga dan kesehatan.




Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014