Madrid (ANTARA News) - Duel, ini saripati dari laga kehidupan. Saling mengintip kekuatan lawan untuk menyerang balik jika lawan lengah, terkadang ditempuh dalam laga kehidupan untuk memperoleh kemuliaan bernama kejayaan dan kemuliaan.

Kali ini panggungnya diisi oleh dua tim sekota dari negeri Matador, yakni Real Madrid dan Atletico Madrid.

Baik "Los Galacticos" maupun "Los Rojiblancos" bermodal motivasi selangit untuk keluar sebagai pemenang dalam laga pertama Piala Super Spanyol yang digelar di Stadion Santiago Bernabeu pada Rabu dini hari, pukul 04.00 WIB.

Atletico di bawah asuhan pelatih Diego Simeone berada di atas angin jika dibandingkan dengan Madrid di bawah arahan Carlo Ancelotti.

Hitung-hitungannya, Los Colchoneros keluar sebagai juara La Liga, sedangkan Madrid menyabet gelar Copa del Rey, yang nota bene berkasta nomor dua dalam panggung sepak bola negeri Matador.

Sebagai catatan statistik, di musim kompetisi 2013/14 tergelar lima kali duel bertajuk "el derbi Madrileno". Dua laga di arena La Liga, dua lagi di semifinal Copa del Rey, dan satu di final Liga Champions.

Atletico meraih kemenangan dalam laga perdana dengan skor 1-0, lantas Madrid membalas dengan menorehkan tiga kali kemenangan (2-0, 3-0, dan 4-1) dan hanya sekali bermain imbang (2-2).

Dalam misi Derbi Madrid ini, sebenarnya siapa melawan siapa di masing-masing kubu?

* Mario Mandzukic (Atletico) vs Iker Casillas (Real Madrid):

Aksi Mandzukic bakal merepotkan Casillas yang menjaga gawang Madrid. Sementara, striker asal Kroasi itu bakal berhitung banyak ketika berhadapan dengan kiper sekelas Casillas.

Duel kedua pemain ini bakal menjadi salah satu kunci kemenangan, karena kedua pemain ini sama-sama punya peran krusial bagi masing-masing timnya.

Penampilan Casillas begitu memikat selama ajang Piala Dunia 2014 di Brasil, dan begitu siap ketika melakoni laga pramusim. Jika Mandzukic bersiap mengambil tendangan bebas, maka boleh jadi veteran Madrid ini bukan tidak mungkin merasa ekstra was-was.

Penampilan Keylor Navas belum akan manggung dalam laga ini. Ia bakal menghabiskan waktu duduk di bangku cadangan.
 
* Antoine Griezmann vs Dani Carvajal:

Pembelian Griezmann masuk dalam kategori jempolan. Dalam gelaran laga pertama di ajang Piala Super Spanyol yang dihelat di Santiago Bernabeu ini, publik tuan rumah bakal menyaksikan bahwa tim kesayangannya bakal mendapati serangan bertubi-tubi.

Implikasinya, bahwa penampilan Atletico diharapkan dapat cair dan mengalir ke jantung pertahanan Real Madrid. Atletico punya sederet pemain berkelas untuk melancarkan serangan balik.

* Duel di lini gelandang:

Atletico kerapkali mampu memenangi duel di lini gelandnang utamanya ketika menghadapi laga-laga berkelas dunia. Lantaran Simeone gandrung dengan gaya bermain menyerang yang atraktif, maka Atletico bakal turun bertanding melawan Madrid dengan penuh semangat.

*  Mario Suarez, Koke dan Gabi bakal tampil lebih bertenaga. Ketiga pemain ini ditantang oleh gaya permainan Madrid yang stylish. Toni Kroos menempati posisi gelandang dan penampilannya terus menunjukkan grafik meningkat, sementara Luka Modric juga tampil mengesankan beberapa tahun belakangan ini.

James Rodriguez besar kemungkinan menjadi pilihan untuk menempati posisi depan bersama dengan Bale dan Ronaldo, meski ia bertindak sebagai "false nine" ketika memperkuat Fiorentina.

Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale vs Juanfran dan Guilherme Siqueira:

Hati-hati dan ekstra waspada bahwa duet Bale dan Ronaldo bakal demikian berbahaya bagi siapa pun lawan. Real Madrid punya dua "kapal perusak" dalam diri Ronaldo dan Bale. Duet ini mampu tampil agresif, dan bergelar pemain terbaik dunia.

Keduanya bakal berhadapan dengan duet Juanfran dan Guilherme Siqueira.

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014