...mereka yang masuk dan keluar diperiksa secara layak mengenai virus Ebola
Banjul (ANTARA News) - Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Gambia pada Kamis (21/8) menyatakan kementerian itu berada dalam kondisi siaga tinggi untuk menghadapi wabah Ebola di negeri itu dan melakukan langkah pencegahan guna menanggulangi penyakit tersebut.

Menurut Modou Njai, Direktur Pendidikan dan Peningkatan Kesehatan di Kementerian tersebut, sejauh ini belum ada kasus yang dikonfirmasi mengenai penyakit virus Ebola di Gambia.

"Saat ini, ada petugas kesehatan masyarakat yang ditempatkan di semua pos masuk perbatasan, termasuk di bandar udara dan pelabuhan dan kami juga akan meningkatkan tim pengawasan kami di seluruh negeri ini untuk menjamin mereka yang masuk dan keluar diperiksa secara layak mengenai virus Ebola," kata Njai.

Menurut Njai, 210 anggota komite penasehat teknis, 350 relawan Palang Merah, 75 pemantau, 25 wartawan kesehatan telah dikerahkan, kata Xinhua, Jumat pagi. Selain itu, 36 wakil kelompok pemuda yang telah dikirim ke berbagai permukiman di negeri tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit itu.

Langkah pencegahan yang dilakukan oleh para pejabat Kesehatan Masyarakat Gambia meliputi pemeriksaan temperatur penumpang dan menanyakan sejarah perjalanan mereka, kata Njai. Para pejabat Kesehatan Masyarakat juga mengadakan kontak dengan tim penanganan kesehatan regional yang ditempatkan di berbagai wilayah, ia menambahkan.

Tim penanganan regional Gambia melakukan koordinasi dan mengawasi tim pemeriksa yang ditempatkan di berbagai lokasi di negeri tersebut.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014