... untuk mengantisipasi penularan penyakit Mers CoV dan ebola... "
Sungailiat, Bangka Belitung (ANTARA News) - Penyuluh Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Ahmad Zakwan, mengingatkan seluruh calon haji setempat tidak kontak langsung dengan jamaah haji asal Afrika selama berada di Tanah Suci Mekkah.

"Saya ingatkan kepada seluruh jamaah haji untuk tidak kontak langsung dengan jamaah haji asal negara Afrika untuk mengantisipasi penularan penyakit Mers CoV dan ebola," katanya, di Sungailiat, Sabtu.

Peringatan bagi jamaah haji agar tidak melakukan kontak langsung dengan jamaah asal negara Afrika kata dia, menindak lanjuti imbauan yang sama dari Kementerian Kesehatan.

"Antiasipasi dini lebih baik daripada melakukan tindakan," ujarnya.

Selain mengingatkan dengan tidak melakukan kontak langsung, kata dia, pihaknya juga melakukan tindakan pencegahan dengan memberikan vaksin seluruh jamaah haji sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah.

"Seluruh calon haji sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah terlebih dahulu sudah mendapat vaksin terutama vaksin flu agar tidak terkena flu yang dikhawatirkan bisa membuka peluang penjangkitan penyakit lain," jelasnya.

Dia menyatakan, dari 198 orang calon haji asal Kabupaten Bangka seluruhnya dinyatakan sehat dan layak diberangkatkan ke tanah suci Mekkah meskipun terdapat satu orang calon haji yang usiannya lebih dari 80 tahun alias yang paling tua.

Pewarta: Kasmono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014