Mancheser, Inggris (ANTARA News) - Sepp Blatter akan kembali mencalonkan diri sebagai Presiden FIFA tahun depan.

Ia lahir di Swiss 78 tahun lalu dan pertama kali terpilih pada 1998, dia membenarkan pencalon dirinya sebagai presiden untuk kelima kalinya pada sebuah wawancara kepada Soccerex Global Convention, Senin.

"Anda mengetahui bahwa misi seseorang tak pernah selesai. Dan misiku juga belum selesai," kata dia.

"Kemudian di kongres terakhir FIFA di Sao Paulo saya tak hanya mendapat penilaian tetapi juga dukungan dari golongan mayoritas, kelompok mayoritas dari asosiasi nasional memintaku agar melanjutkan dan menjadi presiden selanjutnya.

"Sekarang saya akan membuat deklarasi resmi pada September ketika bertemu komite eksekutif".

"Saya akan memberitahukan pada eksekutif komite, juga kepada penikmat sepak bola, jika ada pertanyaan, ya saya akan siap. Saya akan mencalonkan diri".

Bulan lalu Michael Platini mengakhiri usahanya untuk menempati posisi presiden ketika ia mengatakan tidak akan ikut dalam pemilihan, sebaliknya ia memilih menjadi presiden sepak bola Eropa, UEFA.

Satu-satunya calon lain adalah mantan wakil sekretaris jenderal FIFA Jerome Champagne, meskipun tenggang waktu pencalonan tidak sampai Januari tahun depan.

Sebelum Piala Dunia dimulai di Brazil pada Juni, lima dari enam konfederasi FIFA kecuali UEFA, memberi Blatter dukungan sebagai presiden kembali dan hampir mustahil ia tidak akan terpilih ketika pemungutan suara berlangsung di Kongres FIFA di Zurich Juni mendatang, demikian Reuters.
(SDP-95/D011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014