Makassar (ANTARA News) - Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) memandang bahwa mutu pendidikan ditentukan dedikasi pengajarnya dan sistem yang dijalankan.

"Hal itu berlaku pada semua jenjang pendidikan, termasuk mutu pendididikan tinggi itu ditentukan oleh dosen, guru besar dan sistem yang dijalankannya," kata JK pada peringatan Dies Natalis ke-58 Universitas Hasanuddin di Baruga Pettarani Unhas Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, selain itu perlu ditunjang fasilitas yang lebih baik. Unhas dalam usia ke-58 sudah memiliki itu dengan dua kampus besar yang berada di Tamalanrea, Makassar dan di Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Menurut dia, capaian dari dukungan dedikasi dan fasilitas tersebut harus dilengkapi dengan inovasi dan apa yang dicapai sebagai "out put".

"Unhas yang titik beratnya ke bidang maritim dan pertanian, itu belum cukup, karena tantangannya ke depan masih lebih besar," katanya.

Sebagai gambaran, hingga saat ini impor daging masih banyak, begitu pula dengan produksi pertanian dari luar negeri masih mengungguli dalam negeri.

Untuk dapat sejajar dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, maka Indonesia harus memiliki pertumbuhan ekonomi antara 7 - 8 persen.

"Karena itu teknologi pertanian dan kelautan dengan dukungan perguruan tinggi sangatlah penting untuk menunjang pertumbuhan ekonomi kita," ujarnya.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014