Bangalore, India (ANTARA News) - Mantan juara Serbia akhirnya dapat bertahan di Grup Dunia Piala Davis setelah Filip Krajinovic mengamankan kemenangan 3-2 atas tuan rumah India, Senin, dalam pertandingan "play off" yang sempat tertunda karena hujan.

Petenis berusia 22 tahun dan berperingkat 107 dunia itu mengalahkan Yuki Bhambri yang berperingkat 153 dunia dengan skor 6-3, 6-4, 6-4 dalam partai penentuan yang sempat tertunda akibat cuaca buruk pada hari Minggu.

Petenis Serbia yang telah unggul 6-3, 4-4 sebelum pertandingan dihentikan oleh hujan, hanya butuh waktu satu jam untuk menyelesaikan pertandingan dan membantu timnya mempertahankan posisi mereka pada 16 besar elit grup dunia tahun depan.

Serbia yang merupakan juara tahun 2010 tampil tanpa pemain nomor satu dunia, Novak Djokovic dan dua pemain andalan lainnya Janko Tipsarevic dan Victor Troicki saat tampil di Bangalore.

Djokovic mundur akibat kelelahan dan alasan keluarga setelah kalah dari Kei Nishikori di semifinal AS Terbuka, sementara Tipsarevic dan Troicki mengalami cedera.

Serbia berada pada "play off" untuk pertama kalinya sejak tahun 2007, setelah kalah dari Swiss yang diperkuat Roger Federer di babak pertama grup dunia pada Februari.

Kapten tidak bermain Serbia, Bogdan Obradovic mengaku salut kepada "tim barunya" yang berhasil menang meskipun tidak diperkuat pemain bintang.

"Mereka telah mengambil waktu libur dari turnamen circuit yang diandalkan untuk meraih penghasilan guna membantu negaranya tetap berada di grup dunia," kata Obradovic.

"Kami tahu mengalahkan India di kandangnya tidak akan mudah, maka tim datang lebih cepat untuk membiasakan diri dengan kondisi di sini. Mereka berlatih sangat keras, berdedikasi dan layak mendapatkan kemenangan ini," katanya.

"Ini memperlihatkan betapa pentingnya Piala Davis bagi negara kami," katanya.

Dengan kekalahan dari Serbia, India akan tetap berada di zona Asia Oceania untuk tahun ketiganya secara berturut-turut, demikian AFP melaporkan.

(SDP-63/I015)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014