Jakarta (ANTARA News) - Veronica Tjahaja Purnama, istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, meresmikan Rumah Belajar Informa di Rumah Susun Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, Rabu.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pihak yang melakukan tanggung jawab sosial perusahaan karena membantu program pemerintah. Selain itu pendidikan anak adalah hal yang paling penting," kata Veronica di Rusun Cipinang, Jakarta Timur, Rabu.

Rumah belajar tersebut merupakan kerja sama Informa dan Reach Out Foundation yang berencana membangun tiga rumah belajar serupa di Jakarta Utara dan Jakarta Barat serta di lima kota besar lainnya seperti Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Veronica mengatakan penyediaan fasilitas belajar anak di rumah susun sangat penting untuk menyelesaikan sebagian masalah kependudukan di pemukiman padat penduduk dan rumah susun.

"Masalah bagi mereka yang tinggal di pinggiran, tidak punya tempat sampah, dan harus menjaga lingkungan kini bisa sedikit teratasi dengan adanya program pendidikan seperti ini namun guru-guru yg mendidik juga harus sesuai kapasitasnya," katanya.

Saat ini Rumah Belajar Informa memiliki lima tenaga pengajar yang terdiri dari guru PAUD, guru bahasa Inggris, dan pengajar agama dari lingkungan setempat.

Rumah belajar seluas 21 meter persegi tersebut diutamakan untuk warga Rumah Susun Cipinang Besar Selatan dan mampu mengajar 40 siswa tiap dalam dua sesi pagi dan sore.

Veronica berharap rumah belajar Informa bisa menjadi contoh pendidikan usia dini di kawasan rumah susun sehingga membantu pemerintah mewujudkan Jakarta menjadi Kota Layak Anak.

Pendidikan usia dini adalah sarana pendidikan gratis sebagai jembatan untuk masuk ke tingkat pendidikan selanjutnya bagi anak. Program ini bisa menjadi contoh untuk seluruh DKI mewujudkan Kota Layak Anak.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014